Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 15:04 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Lima kota atau kabupaten menyabet penghargaan Adipura Kencana 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi bagi kabupaten atau kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan

Kelima kota atau kabupaten yang memperoleh Adipura Kencana 2023 adalah Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung, dan Kabupaten Ciamis.

Baca juga: Hari Ini Pemkot Bogor Gelar Arak-arakan Piala Adipura, Berikut Rute Pawai Jalan yang Berpotensi Macet

Pengumuman penerima penghargaan Adipura Kencana 2023 disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Siti mengungkapkan, penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ginandjar Kartasasmita selaku Ketua Dewan Pertimbangan Adipura beserta tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, dan pakar persampahan.

KLHK juga melibatkan pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkemuka, serta ahli di bidangnya dengan dibantu tim teknis.

Siti mengatakan, penilaian Adipura mengalami perkembangan dan berbagai penyesuaian, termasuk dalam penyusunan kriterianya.

Baca juga: Kiprah Walkot Arief Mengubah Kota Tangerang, dari Kota Terkotor Menjadi Peraih Adipura Kencana

Pada 2023, penilaian Adipura didorong dengan penerasan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dan berkelanjutan dari hulu hingga hilir.

"Penilaian Adipura dilakukan dengan berbasis sistem dan data yang mewajibkan daerah untuk menyampaikan data pengelolaan sampah melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN)," kata Siti.

Selain kelima kota atau kabupaten tersebut, ada 106 kabupaten atau kota yang meraih Anugerah Adipura 2023.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan 2022 di mana hanya ada 80 kota atau kabupaten yang mendapatkan Anugerah Adipura.

Ke-106 kabupaten atau kota yang meraih Anugerah Adipura 2023 tersebut mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.

Baca juga: 4 Fakta Tugu Adipura, Salah Satu Ikon Kota Bandar Lampung

"Selain itu berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada 2023 sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah dibandingkan tahun sebelumnya," jelas Siti.

Siti menjelaskan, dalam Adipura 2023 dilakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kota atau kabupaten dari total 514 kota atau kabupaten di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan, penghargaan Adipura merupakan representasi kesungguhan dalam menata lingkungan pada umumnya serta persoalan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) pada khususnya.

Dia berharap, penghargaan Adipura tersebut tidak menjadi akhir dalam perjuangan menjaga lingkungan.

"Tetapi justru mengembangkan, membangkitkan semangat untuk melakukan langkah konkret di lapangan untuk mengatasi permasalah sampah di lingkungan masing-masing," kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Upaya Wali Kota Bobby Nasution Membangun Medan, Dimulai dari Infrastruktur, Kini Berbuah Adipura

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com