Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Bangkai Setinggi 2 Orang Mekar di Cibodas, Dikunjungi Mantan Wapres

Kompas.com - 22/04/2024, 09:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Satu bunga bangkai (Amorphophallus titanum Becc) mekar di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat (19/4/2024) dini hari.

Bunga bangkai yang mekar tersebut memiliki tinggi spadix 310,5 sentimeter (cm) dengan diameter spata 161 cm.

Bila dibandingkan, tinggi spadix bunga bangkai tersebut setara dengan dua orang yang memiliki tinggi badan masing-masing 155 cm.

Baca juga: Mekarnya Bunga Bangkai Jadi Kado Ulang Tahun Kebun Raya Cibodas

Ini merupakan ketiga kalinya tanaman tersebut berbunga di Kebun Raya Cibodas. Sebelumnya, tanaman tersebut berbunga pada 2016 dan 2020.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Destri mengatakan, ketinggian bunga bangkai yang mekar tersebut melebihi dari yang sebelumnya.

"Tinggi bunga kali ini lebih dari 3 meter. Hal ini dikarenakan pertumbuhan vegetatifnya bagus sehingga dengan sendirinya menghasilkan umbi yang lebih besar," ujar Destri, dikutip dari siaran pers BRIN.

Destri menyampaikan, induk tanaman bunga bangkai yang ada di Cibodas tersebut diperkirakan sudah berumur antara 32-35 tahun.

Baca juga: Bunga Bangkai Raksasa Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Sampai saat ini, jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen, yang terdiri atas satu spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi dan sembilan spesimen hasil perbanyakan dari biji.

Amorphophallus titanium Becc termasuk dalam kategori spesies terancam punah berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) tahun 2018.

Di Indonesia, keberadaannya dilindungi melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999.

Tanaman endemik Sumatera tersebut memiliki masa berbunga empat tahun sekali dengan tiga fase pertumbuhan.

Baca juga: Main ke Tahura Juanda, Lihat Bunga Bangkai yang Mekar 4 Tahun Sekali

Ketiga fasenya yaitu vegetative atau berdaun, generative atau berbunga, dan dorman atau istirahat. Ketika tanaman tersebut berbunga, masyarakat tertarik untuk melihatnya.

Wakil Presiden Indonesia ke-11 periode 2009-2014 Boediono beserta istrinya, Herawati, turut menyambangi Kebun Raya Cibodas untuk melihat bunga bangkai yang mekar.

Menurut Herawati, mekarnya bunga bangkai kali ini terasa istimewa bagi dirinya dikarenakan bisa menyaksikannya secara langsung.

"Setelah saya dikabari jika bunga bangkai mekar lagi di Cibodas, saya langsung mengajak Bapak (Boediono) untuk siap-siap ke Cibodas karena saya sudah dua kali melihat bunga bangkai mekar di Cibodas," kata Herawati.

Baca juga: Bunga Bangkai Tumbuh di Depan Pintu Dapur Warga Kulon Progo

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com