Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenakan Topi Bekas Bungkus Mi Instan, Pangdam Mulawarman Dukung Keberlanjutan

Kompas.com - 16/05/2024, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo menegaskan dukungannya terhadap keberlanjutan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dukungan ini diberikan, menyusul kunjungan dan tinjauan terhadap para taruna peserta Latsitardanus XLIV tahun 2024 yang sedang melaksanakan kegiatan karya bakti di wilayah Balikpapan, di Kelurahan Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara, pada Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Groundbreaking Proyek RDF, WIKA Siap Reduksi Sampah 2.500 Ton per Hari

Tri menemui Ketua RT 55, Prayitno, seorang pengrajin barang daur ulang berbahan plastik dengan nilai ekonomi tinggi.

Tri sempat mencoba salah satu kerajinan hasil karya Prayitno berupa topi yang terbuat dari bekas bungkus mi instan.

Kunjungan ini merupakan bentuk komitmen Kodam VI Mulawarman terhadap keberlanjutan yang menekankan prinsip daur ulang, dan ekonomi sirkular.

Sementara itu Prayitno selain sebagai Ketua RT 55, juga menjadi Ketua Program Kampung Iklim (Proklim) dan pengelola bank sampah.

Baca juga: SMK di Pemalang Ciptakan Mesin Pengolah Sampah Plastik Jadi BBM

Kegiatannya sehari-hari adalah mendaur ulang sampah yang tidak bernilai menjadi barang dengan nilai ekonomi tinggi, seperti botol cairan pemutih, dan botol galon dan air dalam kemasan, yang dijadikan lampu hias penerang rumah, juga produk tas, serta lainnya.

Adapun karya bakti yang dilakukan para taruna peserta Latsitardanus berupa pengerjaan renovasi Posyandu di Jalan Klamono, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara.

"Dalam bekerja harus dilandasi dengan tulus dan ikhlas terutama dalam membantu warga sehingga timbal balik kepada mereka menjadi ladang ibadah dan pahala bagi yang mengerjakannya," pesan Pangdam.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com