Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Bersama, Kapal Perang India INS Kavaratti P31 Tiba di Batu Ampar

Kompas.com - 15/05/2023, 06:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kapal Perang India INS Kavaratti-P31, sandar di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (14/5/2023).

Kedatangan kapal perang India tersebut menyusul KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah tiba mendahului untuk melaksanakan Latihan Bersama TNI AL-Indian Navy dengan nama latihan Samudera Shakti 23 (SS23) yang diselenggarakan tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2023.

Penyambutan kapal perang India tersebut diawali dengan acara sambutan dan tarian adat melayu serta pengalungan kain tenun kepada Komandan INS Kavaratti-P31 Komandan Rohit Raymond Kattoju.

Baca juga: TNI AL Luncurkan Kapal Korvet Bung Karno 369 Gantikan Kapal Kepresidenan Barakuda

Komandan Lantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani mengatakan, Indonesia dan India memiliki kerja sama yang baik di berbagai bidang.

Secara historis, kedua negara telah memiliki hubungan yang kuat dan berlangsung sejak lama.

Kapal Perang India INS Kavaratti-P31, sandar di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (14/5/2023). Kedatangan kapal perang India tersebut menyusul KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah tiba mendahului untuk melaksanakan Latihan Bersama TNI AL ? Indian Navy dengan nama latiha Samudera Shakti 23 (SS23) yang diselenggarakan sejak tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2023.KOMPAS.com/Hadi Maulana Kapal Perang India INS Kavaratti-P31, sandar di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (14/5/2023). Kedatangan kapal perang India tersebut menyusul KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah tiba mendahului untuk melaksanakan Latihan Bersama TNI AL ? Indian Navy dengan nama latiha Samudera Shakti 23 (SS23) yang diselenggarakan sejak tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2023.
Oleh sebab itu TNI AL bertanggung jawab untuk mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dan hubungan terutama dalam hal pertahanan.

"Hubungan antara Angkatan Laut Indonesia dan dan Angkatan Laut India sudah sangat dekat. Itu bisa dilihat di bidang latihan bersama, pendidikan, kursus dan kegiatan Navy to Navy Talk," kata Kemas.

Latihan Samudera Shakti-23 bertujuan untuk memperkuat ikatan bilateral tersebut, meningkatkan saling pengertian dan meningkatkan interoperabilitas antara operasi maritim kedua Angkatan Laut.

"Latihan ini akan berfungsi sebagai forum untuk pertukaran pengalaman dan pengembangan pemahaman bersama tentang operasi keamanan maritim," pungkas Kemas.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com