Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2023, 09:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 123 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan E-Coaching Jam (ECJ) yang digelar PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola tambang emas Martabe, di Medan, Sabtu (17/6/2023).

ECJ yang dilaksanakan di booth PTAR dalam gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2023 ini menghadirkan pegiat dan akademisi bidang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati sebagai pembicara, yakni Direktur Yayasan Scorpion Indonesia Ali Bangun Dea dan Departemen Biologi IPB Puji Rianti.

Senior Manager Komunikasi Korporat PTAR Katarina Siburian Hardono menuturkan, kegiatan ini merupakan ECJ ke-23 yang telah dilaksanakan PTAR sejak tahun 2014.

ECJ telah menjembatani komunikasi 4.850 mahasiswa di seluruh Indonesia dengan para pakar dari berbagai bidang, mulai dari pertambangan, geologi, lingkungan hidup, komunikasi, bisnis, hingga ketenagakerjaan dan keberagaman gender.

Baca juga: Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe Dianggap Tak Berdampak ke Masyarakat

Awalnya, ECJ dirancang khusus sebagai bekal bagi mahasiswa pertambangan agar siap menghadapi dunia kerja, khususnya di industri pertambangan.

"Seiring berjalannya waktu, kami menghadirkan juga pemateri dari bidang lain sehingga bisa diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan untuk memperkaya diri sebelum memasuki dunia kerja, karena faktanya tambang adalah satu industri kompleks yang mengintegrasikan berbagai ilmu dan keahlian dalam menjalankan operasinya,” tutur Katarina.

Saat masa pandemi, PTAR berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan untuk menyelenggarakan ECJ secara online saja. Saat ini, ECJ kembali dilaksanakan secara online dan offline.


Selain menyelenggarakan ECJ, dalam gelaran PRSU 2023, PTAR juga menyuguhkan beberapa kegiatan, yaitu bazar produk UMKM binaan, workshop fotografi yang difasilitasi oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, lomba melukis dalam memperingati Hari Anak Nasional, serta photobooth challenge.

“PTAR juga berpartisipasi di paviliun Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memfasilitasi pergelaran sanggar Seni Tari Sopo Daganak binaan PTAR di malam seni budaya Tapanuli Selatan tanggal 23 Juni nanti, serta dukungan berbagai hadiah lomba dan lucky draw,” kata Katarina.

Baca juga: Kembangkan Benih Lokal Siporang, Petani Binaan PTAR Panen Perdana

Acara pembukaan PRSU 2023 dihadiri oleh jajaran manajemen PTAR, Presiden Direktur Muliady Sutio, Komisaris Linda Siahaan, Direktur Hubungan Eksternal Sanny Tjan, Senior Manager Komunikasi Korporat Katarina Siburian Hardono, dan Senior Manager Hubungan Pemerintah Irwanto.

Menurut Presiden Direktur PTAR Muliady Sutio, sejak 2011, tiap tahun PTAR berpartisipasi aktif dalam PRSU.

Melalui PRSU, Perusahaan berupaya menyediakan informasi lengkap mengenai tata kelola tambang yang bertanggungjawab serta berbagai bentuk nyata kontribusi perusahaan terhadap masyarakat lingkar tambang dan masyarakat luas pada umumnya.

"Partisipasi dalam PRSU juga merupakan bentuk komitmen kami dalam menjalin kemitraan yang positif dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten,” ujar Muliady.

Dia menambahkan, PTAR berkomitmen penuh untuk mendukung program-program yang dijalankan Kabupaten Tapanuli Selatan, termasuk partisipasi dalam PRSU.

“Tanpa dukungan dari pemerintah dan masyarakat Tapanuli Selatan selama ini, kami tidak akan sebesar sekarang,” kata Muliady.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada PTAR yang selama ini telah turut berkontribusi pada Kabupaten Tapanuli selatan.

“PTAR adalah bagian dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Semoga PTAR semakin maju agar dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” pungkas Bupati.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com