Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih lekat dalam ingatan kita sekitar empat tahun lalu, Turki, Latvia, dan Selandia Baru berada di posisi puncak negara dengan sampah terbanyak di dunia dalam Global Waste Index atau Indeks Sampah Global 2019.

Global Waste Index yang diungkap pertama kali oleh Sensoneo adalah analisis komparatif pengelolaan sampah di 38 negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Sensoneo sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan solusi pengelolaan limbah cerdas tingkat perusahaan untuk kota, entitas bisnis, dan negara melalui pengelolaan siklus hidup limbah secara efisien dan meningkatkan lingkungan serta kesejahteraan manusia.

Indeks Sampah Global berubah pasca pandemi Covid-19 yang telah menciptakan produk sekali pakai dalam jumlah besar, seperti masker medis dan uji cepat Covid, yang menyebabkan tekanan pada sistem limbah di seluruh dunia.

Baca juga: Kita Olah Banderol Sampah Plastik hingga Rp 10.000 Per Kilogram

Kajian Sensoneo melihat kembali jumlah sampah yang dihasilkan, tingkat daur ulang dan metode pembuangan lainnya, seperti pembakaran dan penimbunan, serta konsekuensi dari salah urus, seperti pembuangan sampah ilegal.

Setelah analisis komprehensif pengelolaan sampah di 38 negara, Turki berulang kali muncul sebagai negara penghasil sampah terbesar di dunia.

Meskipun daur ulang belum menjadi bagian dari pengelolaan sampah Turki pada 2019, tiga tahun kemudian negara tersebut kini mendaur ulang 47 kilogram sampah per kapita.

Namun, upaya perbaikan tersebut tidak dapat menyembunyikan tingginya volume sampah yang dibuang secara ilegal. Sebanyak 176 kilogram sampah per kapita dibuang secara tidak terkendali di Turki.

Meskipun banyak upaya melawan barang-barang plastik sekali pakai, pandemi Covid-19 telah membuat barang-barang sekali pakai baru, seperti masker medis dan tes cepat Covid, sangat diperlukan.

Baca juga: Butuh Perubahan Pola Pikir Memilah Sampah di Rumah

Organisasi lingkungan seperti Friends of the Earth Jerman memperkirakan, kurang dari 16 persen sampah daur ulang yang dialokasikan untuk didaur ulang, benar-benar dapat digunakan kembali.

Masalah terbesar disebabkan oleh campuran bahan yang dapat didaur ulang pada barang-barang seperti wadah yogurt dengan selongsong karton dan tutup aluminium.

Jika ini tidak dipisahkan sebelum, ada kemungkinan besar itu akan didaftarkan di pabrik daur ulang tetapi masih akan dibakar.

Bahan kecil, sangat tipis, dan beberapa kemasan makanan sulit didaur ulang, karena pemrosesan ulangnya,  memerlukan teknologi canggih yang tidak mudah didapat. Kegunaan mereka di pasar dan harga bahan daur ulang juga mencerminkan proses daur ulang.

Baca juga: Super Indo Patok Sampah Plastik Rp 2.500 hingga Rp 5.000 Per Kilogram

Melalui edisi baru Global Waste Index tahun 2023, ini Sensoneo ingin menarik perhatian pada masalah sampah yang sangat besar di dunia.

Evaluasi ulang dengan data terbaru ini memungkinkan mereka untuk membandingkan volume sampah dan metode pengelolaan sampah pada tahun 2019 dan 2022.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com