Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santri Perempuan Dianggap Lebih Peduli dalam Pelestarian Lingkungan

Kompas.com - 11/07/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Santri perempuan dianggap memiliki kepedulian yang lebih dibanding santri laki-laki dalam upaya pelestarian lingkungan untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Agama Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur Lia Istifhama saat menyoroti peran strategis santri perempuan di dalam aksi iklim pada acara diskusi Indonesia Climate Change Expo and Forum (ICCEF) 2023 di Surabaya, Minggu (9/7/2023).

Menurutnya, perempuan secara naluriah cenderung memiliki empati dan kepedulian yang lebih dibanding laki-laki pada umumnya.

"Santri perempuan memiliki potensi dan peranan yang strategis tidak hanya melakukan upaya pelestarian lingkungan secara individu, namun juga mampu mengajak teman dan keluarga untuk bertindak secara ekologis,” tutur Lia.

Baca juga: Dampak Jangka Panjang Perubahan Iklim Berdasarkan Benua

Lepas dari itu, secara umum pesantren memiliki peran strategis dalam mendukung upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Strategisnya peran pesantren inilah yang mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bekerja sama dalam menjalankan program Sedekah Iklim.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi mengatakan, pesantren merupakan salah satu stakeholder yang terlibat aktif dalam penanaman dan rehabilitasi lahan, termasuk kampanye sedekah oksigen.

"Dalam menjalankan program Sedekah Iklim, kami senantiasa melibatkan berbagai unsur masyarakat termasuk sejumlah pondok pesantren untuk berkolaborasi," ujar Jumadi.

Program Sedekah Iklim dilakukan melalui berbagai kegiatan pembagian bibit, gerakan penanaman pohon, hingga rehabilitasi lahan kritis dan pelestarian ekosistem mangrove. Semua itu terus dilaksanakan setiap tahun untuk mengantisipasi isu global yaitu perubahan iklim. 

Baca juga: Perbedaan Pemanasan Global dan Perubahan Iklim

Jumadi menjelaskan, pohon berfungsi untuk menyerap karbon dan memberikan oksigen bagi kehidupan. Hal ini terbukti dari gerakan rehabilitasi lahan kritis dan ekosistem mangrove melalui Surat Edaran Gubernur Jawa Timur mampu menekan lahan kritis dalam kurun empat tahun terakhir.

“Sejumlah lahan kritis telah berhasil kita pulihkan melalui berbagai aksi nyata pemerintah dan berbagai elemen masyarakat. Target ke depan akan terus kita galakkan upaya mitigasi perubahan iklim bersama para pihak untuk terus bersama-sama melestarikan lingkungan,” ujar Jumadi.

Ustadz Syahruddin dari Universitas Darussalam Gontor mengungkapkan, terdapat lima juta santri di seluruh Indonesia. Setiap santri dididik untuk menjadi khalifah di muka bumi di dalam mengelola alam semesta secara bijak.

Baca juga: Krisis Keanekaragaman Hayati Tak Lepas dari Perubahan Iklim

Pesantren mengajarkan para santrinya untuk menjaga bumi di setiap aktivitas sehari-hari seperti menghemat air wudhu, mengolah limbah menjadi kompos, termasuk menanam dan merawat lingkungan,” ujar Syahruddin.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com