Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Tangani Stunting, 400 Petani Muda di NTT Bangun Ketahanan Pangan

Kompas.com - 01/03/2024, 18:02 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Plan Internasional (Plan Indonesia) meluncurkan Youth-Led  Agri Food bagi 400 perempuan muda Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di Desa Nuinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Jumat (1/3/2024).

Peluncuran program ini ditandai dengan penanaman anakan cabai secara bersama oleh Penjabat Bupati TTS Seperius Edison Sipa, Linda Sukandar, Resource and Mobilization Director, Yayasan Plan International Indonesia dan Puni Ayu Anjungsari, Country Head of Public Affairs, Citi Indonesia. 

Program yang didanai Citi Foundation untuk mendukung 400 perempuan muda (usia 18-29) dari 25 desa itu, dalam upaya pengembangan ekonomi keluarga dan membangun ketahanan pangan di sektor pertanian, peternakan, perikanan termasuk penanganan stunting.

Baca juga: Kejar Target Penurunan Stunting, BKKBN: Nikahlah pada Usia yang Tepat

Program dilakukan melalui usaha pertanian dan peternakan berkelanjutan yang dipimpin kaum muda serta dikapasitasi dengan keahlian teknis dan pemahaman gender dan ekonomi sampai tahun 2025.

Resource and Mobilization Director Yayasan Plan International Indonesia Linda Sukandar mengatakan, program Youth Led Agri Food unnuk membangun ketahanan pangan melalui agrikultur dan fokus pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan gender.

Di Provinsi NTT, sejak 1969 Plan sudah melakukan pendampingan kepada 3.609 anak dan di Kabupaten TTS sebanyak 12.000 anak. Sisanya di Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Lembata.

"Plan hadir karena kita melihat ada urgensi suatu situasi di mana kita harus kerja keras terkait angkat stunting yang tinggi di NTT dan di TTS dengan angka 8.900 anak," ujar Linda 

Peluncuran Program Youth Led Agri Food kata dia, untuk meningkatkan ketersediaan makanan sehat dan terjangkau bagi anak-anak serta masyarakat berpenghasilan rendah dalam peningkatan ekonomi keluarga terutama makanan sehat.

Baca juga: Cegah Stunting, WIKA dan WIKA Realty Salurkan Bantuan Kesehatan

Menurut Linda, Plan yang didukung Citi Foundation terus bekerja keras dalam upaya penurunan stunting yang saat ini mencapai 22 persen sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten TTS.

"Ada 4.375 program penerima manfaat ibu hamil dan anak berupa akses pangan protein dan gizi bisa didapatkan dengan mudah komoditas pangan ada di desa,"imbuhnya.

Di tempat yang sama, Country Head of Public Affairs Citi Indonesia, Puni Ayu Anjungsari, mengatakan, program Youth Led Agri Food sejalan dengan visi-misi sehingga mendapatkan pendanaan dari Yayasan CITI Bank.

Ia mengatakan, program ini sangat luar biasa karena berjuang sama-sama dengan cara mengirimkan program ke Amerika Serikat atau Kantor Pusat Citi Bank.

"Ada 2.000 proposal yang masuk dan hanya pilih 50 lembaga dan salah satunya plan dan mendapatkan hibah dari Citi Foundation di NTT," ungkapnya. 

Baca juga: KB Setelah Persalinan Berperan Penting Cegah Stunting

Puni menyebut, Citi Foundation dan Plan Indonesia terus membangun visi dan misi anak muda yang memiliki ketahanan pangan dan nutrisi bagi anak-anak di Kabupaten TTS.

Penjabat Bupati TTS Seperius Edison Sipa, terus mendorong Plan Indonesia dalam upaya pengembangan ekonomi dan ketahanan pangan di Kabupaten TTS.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com