Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng KLHK dan DLH Jakarta, Alner Resmikan Toko Guna Ulang Pertama

Kompas.com - 02/04/2024, 15:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Alner, startup asal DKI Jakarta yang fokus menyediakan solusi kemasan guna ulang untuk produk konsumen harian, meresmikan Toko Experience Guna Ulang di Kemang, Jakarta Selatan pada Senin, 1 April 2023.

Peresmian ini dilakukan dalam acara "Bukan Bukber Biasa (ZeroChat #1)" yang bertujuan. memperkenalkan toko dan mendukung upaya pengurangan sampah dari hulu. Acara dihadiri perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

"Peraturan Menteri 75 Tahun 2019 tentang Pengurangan Sampah Plastik Sekali Pakai masih memerlukan penyesuaian. Salah satu fokusnya adalah mendorong penerapan 3R, termasuk reuse atau guna ulang," ungkap Fazri Putrantomo dari Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK.

"Dengan adanya ekosistem guna ulang ini, harapannya lebih banyak lagi pihak yang dapat mengadopsi guna ulang dan kita dapat mengurangi sampah plastik dari hulu bersama,” tambahnya.

Sebagai gambaran, isu plastik saat ini masih dinilai menjadi isu kritis. Data Plastic Overshoot Day 2023 memperkirakan, sebanyak 3.313.742 ton sampah plastik di Indonesia pada tahun 2023 masih mengalami mismanagement atau dikelola dengan sistem manajemen yang tidak terserap baik.

Masih kurang lebih 7 persen sampah plastik tersebut yang terserap untuk didaur ulang.

Dengan jumlah limbah plastik yang besar tersebut, kebutuhan akan sistem pengelolaan sampah plastik dari hulu dengan pengurangan sampah sangat krusial.

Untuk menangani isu tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) nomor 75 tahun 2019 di mana terdapat komponen guna ulang (reuse) dalam strategi pengurangan sampah dari hulu.

Salah satu implementasinya, adalah menjadikan siklus kemasan produk harian konsumen sirkular, dapat dikembalikan lagi untuk dicuci dan dikemas kembali. Inovasi inilah yang ditawarkan oleh startup asal DKI Jakarta, Alner.

Baca juga: Gelar Pawai Bebas Plastik, Organisasi Lingkungan Dorong Pemerintah Buat Kebijakan Reuse

Toko Experience Guna Ulang merupakan toko guna ulang Alner yang pertama di Jakarta. Meski demikian, Alner sejak 2020 telah memiliki 650 lebih titik mitra di Jabodetabek di tahun 2024.

Mitra Alner terdiri dari reseller dan reuse hub reguler, di mana mitra memberikan akses untuk produk harian konsumen. Mitra yang sekarang sudah bergabung di Alner terdiri dari warung , bank sampah, PKK, Koperasi, dan mitra individu.

Alner, startup asal DKI Jakarta yang fokus menyediakan solusi kemasan guna ulang untuk produk konsumen harian, meresmikan Toko Experience Guna Ulang di Kemang, Jakarta Selatan pada Senin, 1 April 2023.DOK. ALNER Alner, startup asal DKI Jakarta yang fokus menyediakan solusi kemasan guna ulang untuk produk konsumen harian, meresmikan Toko Experience Guna Ulang di Kemang, Jakarta Selatan pada Senin, 1 April 2023.

 

Keberadaan Toko Experience Guna Ulang ini adalah sebagai upaya pendemonstrasian sistem guna ulang di Jakarta, yang pada kedepannya, dengan diresmikannya Toko

“Semoga dengan diresmikannya Toko Experience Guna Ulang Alner ini, lebih banyak orang dapat mengenal dan mengakses sistem guna ulang bersama dan kita dapat mengurangi sampah plastik dari hulu, bersama secara signifikan," harap Bintang Ekananda, Co-Founder dan Direktur Alner.

"Kami sangat bersyukur karena dengan berkolaborasi dengan KLHK dan DLH DKI Jakarta dalam bentuk dukungan ini sangat membantu misi kami, mengurangi sampah plastik dari hulu," tambah Bintang.

Dia menyampaikan, pihaknya berkomitmen memprioritaskan reuse menjadi fokus utama Alner dengan berkolaborasi dengan lebih banyak pihak seperti komunitas dan industri.

"Langkah-langkah konkret seperti kolaborasi untuk menyebarkan guna ulang menjadi langkah awal yang penting dalam menangani masalah serius yang dihadapi dalam pengelolaan sampah di Indonesia," tegasnya.

Baca juga: Mahasiswa Itera Gagas Wastewater Reuse Solusi Mencegah Krisis Air

"Alner menargetkan untuk lebih banyak lagi pihak belajar dan terinspirasi untuk dapat mengadopsi sistem guna ulang. Alner menargetkan lebih banyak lagi mitra yang tergabung untuk dapat memberikan akses guna ulang ke lebih banyak masyarakat," tutup Bintang Ekananda.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com