Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kolesterol setelah Lebaran, Dokter Sarankan Hindari Gorengan

Kompas.com - 15/04/2024, 19:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Hasanuddin Yasmin Syauki menyarankan untuk menghindari gorengan setelah Lebaran demi menurunkan kadar kolesterol.

Yasmin menambahkan, masyarakat juga perlu menghindari makanan mengandung santan, daging, makanan laut, dan makanan yang digoreng untuk menjaga kadar kolesterol usai Lebaran.

Dia menambahkan, pola makan setelah Lebaran perlu diatur ulang demi kesehatan, sebagaimana dilansir Antara, Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Rayakan Lebaran, Jaga Kesehatan dengan Tidak Makan Berlebihan

"Harus sudah kita kembalikan seperti biasa, bahwa kita makan seperti biasa tidak lagi makan kue kering, kemudian makan daging sapi atau kambing ganti ke variasi ikan," kata Yasmin.

Diet sehat setelah banyak mengonsumsi makanan bersantan saat Lebaran bisa diterapkan dengan menerapkan pola makan gizi seimbang.

Pola makan yang dimaksud yakni makan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dengan kadar yang seimbang.

Yasmin juga menganjurkan gizi tersebut ada pada tiga makan utama dalam sehari yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Baca juga: Dampak Lingkungan dari Lebaran yang Tidak Berkelanjutan

Selain kadar kolesterol tinggi, seseorang juga mungkin mengalami berat badan naik selama Ramadhan dan Lebaran.

Berat badan yang terus naik saat berpuasa hingga Lebaran berisiko membuat berbagai penyakit metabolik bermunculan antara lain hipertensi, diabetes, asam urat atau kolesterol, hingga penyakit lainnya.

Saat periode puasa atau Lebaran, berat badan naik antara lain karena aktivitas fisik dan asupan makanan tidak seimbang.

Baca juga: Rayakan Lebaran Ramah Lingkungan, Berikut 7 Tip yang Bisa Kita Lakukan

Oleh karena itu, olahraga juga diperlukan agar berat badan turun setelah Lebaran.

Yasmin juga menyarankan untuk membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat, termasuk gula pasir dan gorengan, terutama makanan bertepung yang digoreng.

"Termasuk ikan goreng, ayam goreng, apalagi ayam goreng tepung maka itu yang harus dihindari sehingga berat badan kembali jadi ideal," tutur Yasmin.

Baca juga: Gubernur Sumbar Rilis Surat Edaran, Antisipasi Sampah Libur Lebaran

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com