Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunike Nusa Dua Sepakat Atasi Krisis Air Percepat Capai SDGs

Kompas.com - 22/05/2024, 13:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Pertemuan tingkat parlemen dalam World Water Forum (WWF) ke-10 menyepakati komunike bersama yang dinamakan Nusa Dua Communique.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, salah satu poin dalam komunike tersebut adalah upaya mengatasi krisis air yang menjadi bagian dari percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Hari ini, saya menutup pertemuan parlemen dengan menyampaikan komitmen parlemen dunia untuk mengatasi krisis air secara bersama-sama," kata Puan usai menutup Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th WWF di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Selasa (21/5/2024).

Baca juga: Elon Musk Singgung soal Alien dan Desalinasi Saat Jadi Pembicara World Water Forum

Secara umum, Nusa Dua Communique membahas empat isu global terkait permasalahan air yakni akses kepada air dan sanitasi sebagai penentu SDGs, praktik inovatif untuk manajemen air yang inklusif, air sebagai inti dari aksi iklim, serta diplomasi air dan kerja sama untuk perdamaian.

Terkait komitmen SDGs, parlemen global juga sepakat untuk memberikan perhatian lebih terkait isu dan agenda tentang permasalahan air di lembaga legislatif masing-masing negara.

"Kami sepakat memastikan air menjadi salah satu agenda utama parlemen dan dimasukkan ke dalam komite parlemen atau struktur lainnya," tutur Puan sebagaimana dilansir Antara.

Puan menilai, pertemuan yang dihadiri 231 partisipan dari 49 negara itu memberikan ruang diskusi dan berbagi pengetahuan antara anggota parlemen dunia dengan pakar, organisasi internasional, dan organisasi masyarakat sipil dari berbagai negara.

Baca juga: Jokowi Perkenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih Saat Buka World Water Forum

"Sejak hari Senin (20/5/2024) siang, pertemuan parlemen telah membahas secara intensif mengenai empat isu," ucap Puan.

Selain menegaskan komitmen untuk mengatasi krisis air, para delegasi turut sepakat untuk mendorong pengelolaan air yang mengedepankan pemenuhan hak asasi manusia.

Selain itu, memaksimalkan peran pengawasan parlemen dan partisipasi publik untuk menyelesaikan berbagai hambatan terhadap akses air.

Kemudian peningkatan inklusivitas perumusan kebijakan tentang air, memastikan air menjadi bagian yang terintegrasi dengan strategi nasional adaptasi perubahan iklim, serta mendorong pembiayaan yang inovatif untuk tata kelola air.

Baca juga: BBMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang saat World Water Forum di Bali

Lebih lanjut, Nusa Dua Communique juga berisi tentang pentingnya air bagi kemajuan setiap negara karena potensi air sangat besar sebagai sumber energi, sumber ketahanan pangan, dan sumber transformasi menuju kemajuan ekonomi.

Puan menambahkan, parlemen dunia sepakat memperbaiki akses terhadap air bersih merupakan cara terbaik untuk mengurangi ketimpangan, mengatasi masalah stunting dan kesehatan.

Dia juga mengajak anggota parlemen dunia yang hadir untuk betul-betul serius menyikapi hasil dari pertemuan.

Puan turut meminta anggota parlemen dunia untuk membawa hasil pertemuan tersebut ke ruang sidang parlemen di negara masing-masing.

"Saya mengajak kita semua untuk mengubah komitmen menjadi tindakan konkret di negara kita masing-masing," jelasnya.

Baca juga: Jokowi Pimpin KTT World Water Forum di Bali Hari Ini

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com