Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Kompas.com - 21/05/2023, 10:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Energi panas bumi adalah sumber energi yang berasal dari dalam bumi berupa fluida, baik itu berupa gas, cair, maupun campuran keduanya.

Fluida energi panas bumi ini terbentuk oleh proses-proses geologi yang telah dan sedang berlangsung sepanjang jalur vulkanik.

Energi panas bumi adalah sumber daya energi terbarukan karena berasal dari inti bumi dan fluidanya disirkulasikan kembali ke bumi sehingga pemanfaatannya bisa berkelanjutan.

Baca juga: Pemanfaatan Panas Bumi di Indonesia

Salah satu manfaat dari energi panas bumi adalah dipakai sebagai pembangkitan energi listrik. Teknologi yang digunakan adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

Cara kerja PLTP pada prinsipnya sama dengan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yaitu memanfaatkan panas untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik.

Yang membedakan adalah PLTP memanfaatkan fluida dari sumber panas bumi untuk memutar turbin. Turbin ini kemudian memutar generator sehingga menghasilkan listrik.

Baca juga: Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Komponen PLTP

Apa saja komponen PLTP? Dilansir dari bahan ajar Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Unibersitas Pendidikan Indonesia (UPI), berikut komponen utama PLTP.

Steam receiving header

Steam receiving header adalah tabung yang berfungsi sebagai pengumpul uap sementara dari beberapa sumur produksi sebelum didistribusikan ke turbin.

Vent structure

Vent structure adalah bangunan pelepas uap dengan peredam suara.

Separator

Separator adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pemisah zat-zat padat, silika, bintik-bintik air, dan zat lain yang bercampur dengan uap yang masuk ke dalam separator.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP): Cara Kerja, Jenis, dan Komponennya

Demister

Demister adalah sebuah alat yang berbentuk tabung silinder yang di dalamnya terdapat kisi-kisi untuk mengeliminasi butir-butir air yang terbawa oleh uap dari sumur panas bumi.

Turbin

Hampir di semua pusat pembangkit tenaga listrik memiliki turbin sebagai penghasil gerakkan mekanik yang akan diubah menjadi energi listrik melalui generator.

Generator

Generator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk merubah energi mekanik putaran poros turbin menjadi energi listrik.

Transformator

Transformator atau trafo adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Energi Panas Bumi

Switch yard

Switch yard adalah perangkat yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung aliran listrik yang berada di wilayah PLTP maupun aliran yang akan didistribusikan.

Kondensor

Kondensor adalah suatu alat untuk mengkondensasikan uap bekas dari turbin dengan kondisi tekanan yang hampa.

Main cooling water pump (MCWP)

MCWP adalah pompa pendingin utama yang berfungsi untuk memompakan air kondensat dari kondensor ke cooling tower untuk kemudian didinginkan.

Baca juga: Peta Potensi Panas Bumi Jawa Tengah

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com