Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2023, 09:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mewujudkan komitmen penurunan emisi karbon sekaligus mendukung transisi energi guna mencapai Net Zero Emission (NZE) tahun 2026, PT Pakuwon Jati Tbk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Dalam merealisasikan PLTS berkapasitas 544,45 kWp ini, Perseroan menggandeng PT Agra Surya Fastfood. Peresmian dilakukan pada Jumat (19/5/2023), di Mal Gandaria City, Jakarta.

Selain intalasi PLTS Gandaria City, PT Pakuwon Jati Tbk dan PT Agra Surya Fastfood juga telah sepakat melanjutkan kerja-sama pemasangan PLTS di tiga mal milik Perseroan berikutnya yaitu Tunjungan Plaza dan Royal Plaza di Surabaya dan Pakuwon Mall Jogja.

Baca juga: Transisi Energi Adalah Urusan Keinginan Politik, Bukan Teknis

Dengan demikian, seluruh PLTS terpasang memiliki kapasitas mencapai 1.736 kWp atau setara dengan pengurangan emisi karbon sekitar 1.464 ton per tahun.

Direktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misna menyampaikan apresiasinya kepada kedua perusahaan yang ikut mendukung pengurangan dampak akibat perubahan iklim.

"Target ambisius Pemerintah mencapai NZE memerlukan komitmen dan kontribusi aktif dari pelaku dunia usaha dan semua elemen masyarakat," kata Andriah.

Untuk diketahui, PT Pakuwon Jati Tbk adalah pemilik, pengelola dan pengembang properti yang tahun 2022 lalu telah memasuki usianya yang ke 40 tahun.

Pakuwon Jati adalah perusahaan properti pertama yang tercatat di BEI sejak 1989. Hingga saat ini, Perseroan memiliki bisnis yang terdiversifikasi dengan baik melalui investasi properti seperti mal, perkantoran, hotel, perkantoran sewa maupun pengembangan properti seperti kota mandiri, residensial, kondominium, dan perkantoran jual.

Baca juga: Bangunan Gedung Bakal Diwajibkan Terapkan Manajemen Energi, Begini Aturannya

Komitmen Perseroan dalam mendukung energi bersih telah dimulai sejak mendapatkan sertifikasi Greenship Gedung Terbangun V.1.1. dan sertifikasi Green Building peringkat Gold dari Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk Office 88A dan 88B Kota Kasablanka.

Sedangkan gedung Gandaria8 Office Tower, Pakuwon Tower Kota Kasablanka, Pakuwon Center dan Pakuwon Tower Surabaya masih dalam proses pengajuan sertifikasi Green Building yang ditargetkan dapat diperoleh tahun 2023.

Sementara Gandaria City Mal sudah dua kali mengikuti perlombaan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) Kementrian ESDM yakni  Juara 3 Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi, Kategori Gedung Hemat Energi-Manajemen Energi tahun 2021 dan Juara 1 Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi, Kategori Gedung Hemat Energi Gedung Retrofitted tahun 2022.

Gandaria City Mal Saat ini sedang mengikuti mengikuti perlombaan ASEAN Energy Award 2023 dengan kategori Energy Efficiency Building-Retrofitted Building.

Baca juga: Mengenal Tujuan 7 SDGs: Energi Bersih dan Terjangkau

Selain itu, Perseroan telah menandatangani SBTi Commitment Letter, di mana CDP akan memberikan pendampingan teknis (technical assistance) untuk menyusun “near-term science-based emissions reduction targets” sesuai kriteria dan menyerahkannya ke SBTi dalam waktu 24 bulan.

Sementara PT Agra Surya Fastfood telah kontribusi dalam membangun ekosistem energi terbarukan. Perusahaan merupakan salah satu afiliasi anak perusahaan dari PT Agra Surya Energy yang berfokus pada pengembang dan penyedia energi terbarukan di Indonesia khususnya di bidang PLTS.

PT Agra Surya Energy berdiri sejak tahun 2018 dan telah melakukan pemasangan serta kerjasama PLTS dengan total kapasitas lebih dari 100 MWp dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com