Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Profesi Paling Diminati di Bidang Teknologi

Kompas.com - 20/06/2023, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Practicum Indonesia, platform global yang menyediakan layanan bootcamp online, menyigi secara daring dan mendapatkan hasil temuan terhadap 10 profesi yang paling diminati.

Ke-10 profesi ini terbuka untuk merela yang ingin beralih profesi di dunia teknologi, yaitu:

1. Digital Marketer

Digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing.

Baca juga: Mengenal Tujuan 8 SDGs: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.

2. Data Analyst/Scientist

Seorang data analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan ke depannya

3. Website Developer

Web developer bertugas membangun website yang responsif di berbagai perangkat. Artinya, tampilan dan fungsi tersebut harus kompatibel sesuai ukuran layar.

Tampilan desain yang adaptif dengan berbagai macam device bisa meningkatkan user experience, sehingga ada peluang mendorong konversi.

4. IT Support

Pada dasarnya, IT support adalah seorang teknisi di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan atau network system.

5. Software Developer

Sementara software developer adalah seorang yang mengembangkan dan memelihara perangkat lunak yang digunakan di berbagai komputer.

Baca juga: Tips Menghindari Loker Palsu dan Ciri-ciri Penipuan Lowongan Pekerjaan

Pekerjaan utama software developer adalah mengembangkan berbagai komponen aplikasi yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dari suatu produk.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com