Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Kepri Kenalkan Batik Gonggong di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 21/07/2023, 10:09 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang menggelar promosi dan pameran produk UMKM unggulan Kepri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta).

“Produk unggulan yang dipasarkan mulai dari kuliner, fashion, wastra dan kriya yang berasal dari tujuh Kabupaten Kota se-Kepri,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri Suryono, Jumat (21/7/2023).

Bahkan juga ada Batik Gongong yang diperkenalkan dan sangat diminati oleh masyarakat yang berpergian maupun yang baru tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca juga: 8 Bandara Paling Berkelanjutan di Dunia

Selain memperkenalkan produk UMKM, kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan serta pagelaran seni dan budaya Kepri.

Alhamdulillah sampai dengan tanggal 16 Juni 2023 kemarin, angka penjualan produk unggulan UMKM Kepri telah mencapai Rp87.702.000,” ungkap Suryono.

Suryono mengatakan penjualan tersebut dengan estimasi total pengunjung mencapai 451 orang.

Sedikitnya ada 110 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) atau UMKM dengan lebih dari 150 produk yang turut berperan dalam kegiatan promosi di Bandara Soekarno-Hatta ini. 

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Sinar Mas Kembangkan Ekosistem Digital

Suryono berharap penyelenggaraan promosi dan pameran ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM Kepri yang telah lolos kurasi ke pasar domestik maupun luar negeri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri Dewi Kumalasari mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan satu bulan ini, bertempat di lantai dasar Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya pada area komersial di seberang pintu kedatangan dan area Gerai Nusantara.

“Sinergi antar instansi ini merupakan upaya untuk memperluas akses pasar UMKM Kepri dan menghasilkan impact yang nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang berkelanjutan,” kata Dewi.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta merupakan pintu gerbang moda transportasi udara bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca juga: Pendopo Memulai Pelatihan UMKM Tekstil dan Fesyen Berkelanjutan

Tentunya akan banyak peluang untuk memperkenalkan dan mempromosikan prudok unggulan IKM dan UMKM Kepri.

“Promosi dan pameran produk unggulan UMKM Kepri akan menjadi acuan untuk mengevaluasi serta menguji efektivitas strategi, program kerja, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan seluruh pihak dalam memajukan UMKM Kepri,” pungkas Dewi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com