Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - QBig BSD City sabet penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA) 2023 kategori ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards.

ASEAN Energy Awards (AEA) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun 2000.

AEA adalah ajang apresiasi yang diberikan kepada individu, perusahaan, lembaga, atau proyek-proyek di negara-negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam bidang energi berkelanjutan.

Penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu ASEAN Coal Awards, ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards, dan ASEAN Renewable Energy Project Awards.

Baca juga: Bangun Rumah Ramah Lingkungan, Sinarmas Gunakan 20 Persen Produk Green Label

Dalam AEA 2023, QBig BSD City berhasil menjadi pemenang dalam sub kategori Energy Efficient Building, Special Submission-Zero Energy Building melalui penilaian yang didasarkan pada efisiensi penggunaan energi dalam banggunan yang mendekati konsep zero energy building.

CEO Retail and Hospitality Sinarmas Land Fariyanto Nickholas Sonda mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen Sinarmas Land sebagai pengembang properti di Indonesia yang telah mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Hal ini juga merupakan upaya perusahaan dalam mendukung kebijakan pemerintah mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

"Semoga Sinarmas Land dapat terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan industri properti di Indonesia secara khusus, dan regional Asia Tenggara secara umum," ujar Fariyanto dalam rilis Rabu (30/8/2023).

QBig merupakan kompleks ritel urban di atas lahan seluas 18,5 hektar di BSD City. Terdiri dari lima bangunan utama yang dirancang sebagai pusat ritel power center pertama di Indonesia, Qbig hadir dengan konsep nearly zero energy building.

Baca juga: Sinarmas Land Pastikan Seluruh Rantai Pasokan Terapkan Prinsip ESG

Konsep ini diimplementasikan dalam tiga langkah utama. Pertama membangun kompleks ritel yang mendukung mikroiklim dengan dominasi area terbuka hijau.

Kedua mengurangi konsumsi energi dengan konsep arsitek yang hemat energi dan yang ketiga menerapkan pemakaian energi terbarukan seperti panel surya yang mencapai 22,3 persen dari total kebutuhan listrik bangunan.

QBig juga mengurangi penggunaan energi fosil dengan mengoperasikan kendaran bertenaga listrik di dalam kawasan.

Dirancang sebagai kompleks perbelanjaan satu atap yang diintegrasikan dengan kanopi raksasa, QBig mengakomodasi sejumlah tenan besar.

Antara lain Lulu Hypermarket & Department Store, Mitra 10 sebagai pemasok material bangunan, Ace Hardware dan Informa sebagai toko kebutuhan rumah dan furnitur, toko premium barang bermerek, kafe dan restoran, serta fasilitas-fasilitas olahraga, hobi, dan hiburan.

QBig dilengkapi pula dengan sebuah ‘hutan mini’, air terjun, tempat duduk hijau berundak, dan kolam ikan rumput hijau di sisi-sisi nya, juga bangku-bangku.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com