Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 20:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah mengatakan, saat ini Indosat telah menjangkau lebih dari 80 persen populasi di seluruh Nusa Tenggara (Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat).

Jangkauan hingga 80 persen populasi itu berkat penambahan pemancar jaringan (sites) dan kapasitas internet yang meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan tahun 2022 lalu.

"Khusus di Kota Kupang, NTT jaringan Indosat bahkan sudah menjangkau 100 persen populasi untuk kemudahan akses informasi dan membuka peluang tanpa batas," ungkap dalam kegiatan Festival Literasi Digital yang digelar di Auditorium Politeknik Negeri Kupang, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Perkuat Literasi, Holding Mind Id PTBA Gelar Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi

Saat ini Indosat terus mendorong inklusi digital ke Indonesia timur melalui peningkatan pengalaman pelanggan di wilayah Nusa Tenggara.

Peningkatan ini terus dilakukan untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi masyarakat di wilayah Nusa Tenggara, guna mendukung pemerataan akses digital.

"Kami yakin pemanfaatan teknologi digital akan membuka peluang tanpa batas, memaksimalkan potensi yang ada, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," imbuh Danny.

Dia menyebut, perluasan jangkauan layanan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan tujuan Indosat yang lebih besar dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Baca juga: Tingkatkan Literasi di Desa Cijayanti, BRIDS Bangun Saung Baca

Kegiatan Festival Literasi Digital 2023 juga digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda Kupang dalam memanfaatkan teknologi digital.

Acara yang berlokasi di Politeknik Negeri Kupang dan Universitas Nusa Cendana ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), deretan tokoh inspiratif, serta influencer ternama yang berbagi pengalaman digitalnya kepada para mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat Kupang.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi NTT Kosmas Lana mengapresiasi Indosat atas perannya menginisiasi kerja kolaborasi untuk meningkatkan literasi digital khususnya di Nusa Tenggara Timur.

"Pada masa sekarang, kita perlu bersama-sama mengembangkan etika, budaya, keamanan dan keterampilan digital yang didukung ketersediaan jaringan internet yang berkualitas," kata Kosmas.

Menurutnya, kegemaran membaca masyarakat Provinsi NTT terus meningkat dengan indeks 63,9 pada 2022.

Baca juga: Hanya 36,14 Persen Perempuan Melek Literasi Keuangan Digital

"Dengan adanya dampak positif digitalisasi kami mendorong semua pihak, termasuk masyarakat umum untuk menggunakan teknologi ini secara cerdas dan kreatif untuk menghadapi persaingan global," ujar Kosmas.

Untuk diketahui, rangkaian festival tersebut berisi kelas-kelas bagi ribuan peserta dari kalangan mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat umum.

Kelas-kelas ini membahas tema secara lebih intensif untuk meningkatkan kemampuan digital para pelaku UMKM dan pelaku usaha kreatif di media sosial, menumbuhkan semangat dan inspirasi dengan pandangan dari para narasumber, hingga pengalaman baru yang menarik tentang industri digital era kini.

Rangkaian program ini juga dimeriahkan dengan pameran produk dari para pelaku UMKM di wilayah Kupang.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com