Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota/Kabupaten Terpanas di Indonesia Hari Ini, Majalengka 37,8 Derajat Celsius

Kompas.com - 20/10/2023, 15:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia di berbagai wilayah merasakan hawa panas yang sangat menyengat beberapa waktu terakhir.

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa kota di Indonesia mengalami suhu lebih panas dibandingkan daerah lain.

Pada Jumat (20/10/2023), BMKG merilis daftar kota dan kabupaten di Indonesia dengan suhu terpanas di Indonesia melalui akun Instagram.

Pencatatan dilakukan mulai 19 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB sampai dengan 20 Oktober 20223 pukul 07.00 WIB.

Berikut 10 kota atau kabupaten terpanas di Indonesia menurut pantauan dari BMKG mulai 19-20 Oktober.

1. Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Berdasarkan pengamatan Stasiun Meteorologi Kertajati, suhu tertinggi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tembus 37,8 derajat celsius.

2. Kota Tangerang Selatan, Banten

Balai Besar Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Wilayah II melaporkan, suhu terpanas di Kota Tangerang Selatan, Banten, adalah 37,0 derajat celsius.

3. Kota Bima, NTB

Menurut laporan Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin, suhu tertinggi di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai 36,6 derajat celsius.

4. Kota Palembang, Sumatera Selatan

Suhu tertinggi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyentuh 36,3 derajat celsius menurut pemantauan Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan.

5. Kota Kupang, NTT

Stasiun Meteorologi Eltari melaporkan, suhu terpaans di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 36,2 derajat celsius.

6. Kota Surabaya, Jawa Timur

Suhu tertinggi di Kota Surabaya, Jawa Timur, mencapai 36,2 derajat celsius menurut Stasiun Meteorologi Perak I.

7. Bandar Lampung

Suhu tertinggi di Kota Bandar Lampung, Lampung, menyentuh 36,0 derajat celsius menurut Stasiun Meteorologi Maritim Panjang.

8. Kabupaten Sumbawa, NTB

Menurut laporan Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin, suhu tertinggi di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, adalah 36,0 derajat celsius.

9. Kota Palu, Sulawesi Tengah

Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri melaporkan, suhu tertinggi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tercatat 36,0 derajat celsius.

10. Kota Jayapura, Papua

Suhu tertinggi di Kota Jayapura, Papua, tercatat 35,7 derajat celsius menurut pengamatan Stasiun Meteorologi Sentani 35,7.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com