Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara HK Bantu Masalah Lingkungan, Gelar Urban Habitsphere di Kampung Proklim

Kompas.com - 11/12/2023, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT Hutama Karya (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar employee engagement bertajuk HK Urban HabitSphere yang dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2023.

Pelaksanaan program ini bertempat di wilayah Kampung Pro-Iklim (Proklim) RW.05 Kelurahan Cibubur serta RW.12 Kelurahan Malaka Jaya, Jakarta Timur.

Mengusung tema Revitalisasi Ekosistem Lokal untuk Pengembangan Kawasan Berkelanjutan, kegiatan HK Urban HabitSphere yang bekerja sama dengan Yayasan Tunasmuda Care (T.Care) ini melibatkan 42 karyawan Hutama Karya termasuk anak perusahaan dan afiliasi atau disebut sebagai HK Urban Ranger.

Mereka bersama-sama membantu masyarakat perkampungan dari permasalahan lingkungan yang dihadapi pada era urbanisasi.

Baca juga: Cegah Kekerasan Berbasis Gender, Masyarakat Diminta Peka Lingkungan Sekitar

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kepedulian sosial karyawan.

Hal ini dilakukan melalui penciptaan ide maupun gagasan kreatif melalui pengembangan pertanian perkotaan, pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga secara berkelanjutan serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar.

Dalam program ini, para Urban Ranger melakukan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) No. 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga dengan melakukan aktivitas daur ulang serta membantu proses pemilahan jenis sampah organik dan anorganik sebelum dibuang ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

"Selain itu, kami membantu hingga pengolahan limbah minyak jelantah menjadi barang bernilai ekonomis melalui Bank Sampah yang saat ini progres kegiatannya sudah mencapai 80 persen,” ujar Tjahjo.

Dipilihnya kedua lokasi tersebut tidak hanya karena berada di sekitar wilayah operasional perusahaan, tetapi juga telah mengadopsi Proklim sebagai upaya mengurangi dampak perubahan iklim secara lokal dan telah memiliki kegiatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) serta Bank Sampah yang dikelola langsung oleh penduduk sekitar.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan bahwa selain melakukan kegiatan lingkungan, Hutama Karya juga turut memberikan bantuan kepada masyarakat di RW. 05 berupa infrastruktur lingkungan.

Baca juga: Siap Darling, Yang Muda Yang Peduli Lingkungan

Di antaranya pembangunan sarana air bersih, pembangunan pagar, gazebo, pelatihan manajemen dan organisasi serta pembangunan Green House untuk RW. 12 Malaka Jaya.

“Program Urban HabitSphere akan berlanjut di tahun 2024 dan harapan kami program ini dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak khususnya dalam mewujudkan lingkungan yang lebih asri dan lestari,” tutup Tjahjo.

Ketua RW.05 Cibubur Tholha Mansyur menambahkan, pelaksanaan program HK Urban HabitSphere dan sejumlah bantuan yang diberikan kepada kami akan digunakan sebaik-baiknya khususnya dalam mewujudkan tempat tinggal yang lebih bersih serta mengurangi dampak sampah dari aktivitas rumah tangga.

Sebagai catatan selamat tahun 2023, Selain program HK Urban HabitSphere, Hutama Karya telah melakukan serangkaian kegiatan TJSL yang melibatkan karyawan, diantaranya HK Mengajar di Bengkulu, Mudik Bersama BUMN, Pembagian Hewan Qurban Idul Adha 2023, Gerakan Literasi dan Donasi Buku Hutama Karya serta HK Bahagia Bersama Natal.

Seluruh rangkaian program HK Urban HabitSphere ini termasuk dalam ISO:26000 dan sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) Pilar Pembangunan Lingkungan Nomor 15 tentang Menjaga Ekosistem Darat serta Pilar Pembangunan Ekonomi Nomor 9 Infrastruktur, Industri dan Inovasi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com