Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2024, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, Indonesia berada dalam jalur transformasi digital untuk masa depan yang bergerak maju, didukung oleh komitmen pemerintah membina talenta lokal melalui Indonesia Digital Roadmap tahun 2021-2024.

Revolusi digital yang berpusat pada app developers di Indonesia, memimpin dan mendorong pergerakan inovasi dan layanan yang berharga.

Hal ini menumbuhkan perkembangan ekonomi menciptakan lapangan kerja, dan mendorong konsumen untuk menggunakan alat digital baru baik demi produktivitas maupun hiburan.

Sebuah studi tahun 2023 yang dilakukan oleh Access Partnership menyoroti pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang signifikan.

Negara ini memiliki lebih dari 212 juta pengguna internet dan lebih dari 10.000 app developers lokal.

Baca juga: Indonesia Bidik 9 Juta Talenta Digital 2030, Anak Muda Difasilitasi

Menurut laporan terbaru dari Google, Temasek, dan Bain, Nilai Barang Dagangan Bruto atau gross merchandise value (GMV) ekonomi digital Indonesia diproyeksikan tumbuh pada tingkat CAGR 19 persen dari tahun 2022 hingga 2025 dan mencapai 130 miliar dollar AS (Rp 2,037 triliun) pada tahun 2025.

Senior Advisor Access Partnership untuk Indonesia Abhineet Kaul menekankan perlunya ekosistem yang kuat bagi app developers lokal pada peluncuran “Accelerating the app economy in Indonesia: Android and Google Play's impact in Indonesia” tahun 2023.

"Studi kami menyimpulkan, platform seperti Android dan Google Play sangat penting, memberikan kontribusi signifikan bagi app developers di Indonesia dengan menghasilkan pendapatan melebihi Rp 1,5 triliun dan memperkenalkan lebih dari 42.000 aplikasi baru,” kata Kaul dalam rilis Selasa (23/1/2024).

Contoh app developers yang berhasil dalam ekosistem ini adalah TipTip, sebuah platform terintegrasi yang memungkinkan pengguna terhubung dengan komunitas atau pembuat konten yang sesuai dengan minat mereka.

VP Marketing & Content TipTip Shira S. Wenas menambahkan, platform TipTip menawarkan serangkaian fitur yang memberdayakan komunitas Indonesia dan memfasilitasi koneksi di antara individu-individu yang berpikiran sama.

Baca juga: Pelaku UMKM Perlu Didorong Rambah Platform Digital, Berbagai Manfaat Menanti

"Kami juga memberikan jalan bagi para kreator dan komunitas baru untuk memonetisasi konten mereka melalui berbagai saluran pendapatan," kata Shia.

Shira mengakui peran penting Google Play dalam memperluas jangkauan global aplikasinya dan menyediakan alat yang memudahkan app developers.

“Google Play membantu dalam menguji, mengoptimalkan, dan mempromosikan aplikasi kami, serta menyederhanakan proses pengembangan aplikasi,” tambahnya.

Laporan Access Partnership tahun 2023 juga menyimpulkan inisiatif yang mendorong kolaborasi dan sinergi antar app developers mencakup program Bangkit, #JuaraAndroid, Google Play x Unity, dan Indie Games Accelerator.

Ringkasnya, seperti yang dijelaskan oleh Access Partnership, ekonomi digital Indonesia yang dinamis menyoroti kebutuhan penting akan platform serupa dengan Google yang dapat memperluas jangkauan app developers lokal di dalam negeri dan di seluruh dunia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com