Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AEON Mall BSD Hadirkan Energi Bersih Berkapasitas 1.161 MWh Per Tahun

Kompas.com - 31/01/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - AEON Mall, jaringan pusat perbelanjaan asal Jepang yang telah beroperasi di empat lokasi Indonesia, memperkenalkan salah satu inisiatif keberlanjutan melalui instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Inisiatif tersebut merupakan implementasi dari Visi Dekarbonisasi AEON 2050 yang ditetapkan sejak tahun 2018.  AEON berkomitmen untuk beralih ke sumber energi bersih di seluruh mal AEON pada tahun 2025.

Bekerja sama dengan Surya Nippon Nusantara (SNN), perusahaan patungan antara induk perusahaan SUN Energy dan Sojitz Corporation, AEON memperkenalkan sistem PLTS pertamanya yang berlokasi di AEON Mall BSD City.

Baca juga: Kapasitas PLTS dan PLTB di ASEAN Meningkat 20 Persen

Fasilitas PLTS yang diinstalasi mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh setiap tahunnya dan secara langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal.

Hal ini seiring dengan komitmen transisi dan capaian 100 persen bauran energi melalui produksi dan konsumsi energi terbarukan di fasilitas mal yang dikelola oleh AEON.

Jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh sistem PLTS setara dengan reduksi emisi karbon sebesar 712 ton.

Pada waktu bersamaan, AEON Mall juga telah memulai instalasi sistem PLTS di lokasi AEON kelima lainnya, yakni AEON Deltamas yang masih dalam tahap konstruksi.

Deputy CEO SUN Energy Dion Jefferson mengatakan, SNN akan sepenuhnya mendukung langkah AEON Mall di lima lokasi untuk menyediakan fasilitas PLTS sebagai sumber energi terbarukan.

"Bagi kami, kehadiran PLTS di ruang publik seperti pusat perbelanjaan turut mempromosikan pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang terjangkau dan efisien kepada masyarakat secara luas," tutur Dion, Selasa (30/1/2024).

Sejak diresmikan pada bulan November tahun lalu, entitas SNN telah menargetkan pangsa pasar industri/komersial asal Jepang yang beroperasi di Indonesia.

SNN akan terus mengembangkan bisnis terkait energi terbarukan di Indonesia, termasuk baterai penyimpanan, bisnis terkait kendaraan listrik, layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, ammonia, dan biofuel.

SNN bertujuan mendukung upaya dekarbonisasi pelanggannya dengan menyediakan solusi energi bersih yang komprehensif, seperti AEON yang akan memanfaatkan sistem energi terbarukan di setiap lokasi operasionalnya dalam mewujudkan dekarbonisasi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com