Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Simpan Potensi Obat Herbal Hewan dari 30.000 Spesies Tanaman

Kompas.com - 08/02/2024, 10:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki sekitar 30.000 spesies tumbuhan dan sumber daya laut yang berpotensi menjadi obat herbal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) NLP Indi Dharmayanti dikutip dari situs web BRIN, Minggu (4/2/2024).

Indri menuturkan, sebagian spesies tumbuhan berpotensi menjadi obat herbal untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit hewan.

Baca juga: AI Janjikan Obat yang Lebih Murah, Cepat, dan Baik di Industri Farmasi

Dia mengatakan, saat ini teknologi dalam bidang obat hewan terus mengalami kemajuan.

Karena kemajuan tersebut, bermunculan jenis obat yang baru seperti anti-viral, anti-parasit, anti-jamur, anti-bakteri, dan bahan-bahan diagnostika untuk penyakit hewan.

"Untuk lebih meningkatkan kesehatan dan produksi peternakan dan perikanan diperlukan tersedianya obat hewan yang memadai, baik dari segi jumlah maupun mutu dalam pembuatan, penyediaan, dan peredarannya," ujar Indi.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Veteriner BRIN Harimurti Nuradji menyampaikan, penyakit-penyakit infeksius maupun noninfeksius cenderung meningkat baik pada hewan maupun manusia.

Baca juga: Penyintas Tuberkulosis Bentuk TB Army Atasi Resistensi Obat

Oleh karenanya, pengendalian penyakit membutuhkan penguatan riset dan inovasi, salah satunya untuk melakukan pencegahan, penanganan, diagnosis, dan pengobatan penyakit.

Pada tahun 2016 hingga 2018, BRIN telah meneliti khasiat dedaunan lokal, sebagaimana dilansir Antara.

Beberapa dedaunan lokal yang diteliti sepertu gamal, bunga sepatu, mimba, kersen, dan mengkudu untuk mengobati penyakit pada hewan ternak jenis domba.

Dedaunan lokal tersebut memiliki efek terhadap antelmintik parasit domba maupun kambing.

Baca juga: Dexa Medica Bagikan 70.000 Obat-obatan Gratis Per Hari untuk Pemudik

Peneliti Ahli Muda dari Pusat Riset Peternakan, Organisasi Riset Pertanian, dan Pangan BRIN Awistaros Angger Sakti mengatakan, pemberian 10 persen dedaunan segar tersebut dari total hijauan pakan yang diberikan mampu membantu memutus siklus parasit di lambung dan usus.

Menurut dia dedaunan lokal itu menjadi obat herbal yang berfungsi membunuh cacing dewasa di saluran pencernaan domba dan menghambat penetasan telur.

"Ke depan juga akan dikembangkan pemanfaatan senyawa bioaktif tersebut untuk menghambat penetasan telur lalat dan parasit untuk disemprotkan ke kandang," ujar Angger.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com