Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koperasi Bisa Jadi Motor Bank Sampah, Tingkatkan Ekonomi dan Atasi Masalah

Kompas.com - 10/02/2024, 10:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Koperasi bisa menjadi motor penggerak dalam pendirian bank sampah di tingkat komunitas di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Arif Rahman Hakim di Brebes, Jawa Tengah, Jumat (9/2/2024).

Dia menuturkan, koperasi dan bank sampah memiliki kaitan erat dalam konteks pengelolaan sampah plastik dan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Lima Tahun Bank Sampah Unsyiah Aceh, Sulap Limbah Jadi Rupiah

"Serta terlibat dalam pendirian dan pengelolaan bank sampah," kata Arif, sebagaimana dilansir Antara.

Dia mengatakan, anggota koperasi dapat bersama-sama mewujudkan bank sampah sebagai langkah untuk meningkatkan pengelolaan sampah dan menciptakan sumber daya baru untuk anggotanya.

Pengelolaan sampah, kata dia, merupakan tantangan serius yang dihadapi oleh Indonesia seiring dengan pertumbuhan populasi dan perubahan gaya hidup sehingga volume sampah terus meningkat.

"Hal itu, menuntut solusi yang cerdas dan berkelanjutan. Inilah sebabnya mengapa pendekatan berbasis koperasi sangat relevan," katanya.

Baca juga: Zero Waste, Zero Emission, Garudafood Dukung Karang Taruna dan Bank Sampah Pati

Menurut Arif, meski Indonesia sudah memiliki beberapa tempat pembuangan akhir yang besar dan tempat pengolahan sampah, namun hal tersebut masih belum sepenuhnya efektif.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah terus mencari berbagai solusi.

Salah satu cara yang banyak diterapkan saat ini adalah membuat sebuah tempat pengolahan sampah berskala kecil hingga besar yang disebut bank sampah.

Baca juga: “Ora Sepele”, Perputaran Uang Bank Sampah Solo Capai Rp 60 Juta Sebulan

"Pendekatan ekonomi sirkular memberikan dampak berarti bagi ekonomi, lingkungan, dan sosial," katanya.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Kementerian PPN/Bappenas ekonomi sirkular berpotensi menumbuhkan produk domestik bruto (PDB) senilai Rp 593 triliun hingga Rp 638 triliun pada 2030.

"Dari situ sektor lingkungan dapat berkontribusi melalui pengurangan volume sampah hingga 18,53 persen pada 2030 dan menyerap 4,4 tenaga kerja," tutur Arif.

Baca juga: Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com