Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cilegon Punya Ruang Terbuka Publik Terluas dengan Fasilitas Terlengkap

Kompas.com - 19/02/2024, 06:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) Kecamatan Cibeber pada Jumat (16/2/2024). RTP ini telah dibangun sejak tahun 2022 lalu.

RTP yang memiliki luas 2,6 hektare ini dapat dimanfaatkan menjadi fasilitas masyarakat di sekitar untuk mendapatkan ruang bermain gratis yang nyaman dan menyenangkan.

Helldy berharap, pembangunan RTP yang dilengkapi sejumlah fasilitas olahraga ini bisa dimanfaatkan warga masyarakat, khususnya remaja untuk melakukan kegiatan yang positif.

"Alhamdulillah di sini sangat ceria, masyarakat pada senang semuanya, perihal ada skateboard, basket, bola, nanti kita ada permintaan warga bikin prosotan buat anak-anak kecil," ujar Helldy usai peresmian, dikutip dari Tribunnews.com (16/2/2024).

Menurutnya, para warga terutama anak-anak muda dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga di RTP tersebut. Sehingga, selain sehat, mereka juga dapat berpikir positif dan produktif, sehingga menjadi komunitas yang baik. 

Baca juga: Ruang Terbuka Hijau Jakarta Hanya 5,18 Persen, Ini Solusi dari SBI

RTP terluas dan terlengkap

Helldy mengatakan, RTP ini memiliki area yang terluas dan fasilitas terlengkap, dibandingkan dengan sejumlah RTP lainnya di Kota Cilegon. Dalam pembangunannya, RTP ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 11,48 milyar rupiah.

Ia berharap, RTP Kecamatan Cibeber yang dilengkapi fasilitas seperti gedung aula dan tempat olahraga seperti area bermain skateboard dan lapangan basket ini bisa memfasilitasi anak-anak di lingkungan sekitar untuk menyalurkan hobi positifnya. Serta, terhindar dari kenakalan remaja seperti tawuran yang kerap terjadi di masyarakat.

"Kami harapkan mereka ini agar berolahraga, karena di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi artinya kegiatan-kegiatan mereka, kalau kita kasih fasilitas seperti ini mereka senang berolahraga, sehingga bisa sehat dan berfikir positif," imbuhnya.

Sebagai informasi, RTP Kecamatan Cibeber ini baru diresmikan pemerintah setempat karena pembangunannya dilakukan secara bertahap, yakni tahun 2022, 2023, dan 2024.

Walikota Cilegon pun meminta agar warga masyarakat Cibeber bisa memanfaatkan dan menjaga RTP yang telah dibangun pemerintah dengan baik.

"Kita panggil RT, RW agar ini dijaga, agar semuanya bisa sama-sama menjaga, karena ini uang rakyat yang harus kita jaga sama-sama," tutur Helldy. 

Baca juga:

Lengkapi fasilitas dan tambah RTP

Lebih lanjut, Plt. Kepala Dinas Perkim Kota Cilegon Edi Hendarto menyebut pada tahun 2024 ini, pihaknya berencana membuat play ground dan fasilitas penunjang lainnya di area RTP Cibeber. Sebab, banyak anak-anak kecil ingin dibuatkan tempat bermain.

"Karena tadi disampaikan pak RW, anak-anak minta permainan perosotan, mushola, dan toilet," tuturnya.

Ia menambahkan, selain RTP di Kecamatan Cibeber, pihaknya juga telah meresmikan sejumlah RTP di beberapa daerah lain.

"Jadi total (saat ini) ada tujuh yang diresmikan, termasuk tiga RTP di Cibeber, Sukmajaya, dan Tegal Bunder," kata Edi.

Selain meresmikan, terdapat tiga lokasi RTP lagi yang baru akan dibangun di Kota Cilegon, yaitu di Warna Sari, Taman Sari, dan Cikerai. Rencananya, proses pembangunan akan dilakukan pada triwulan ketiga tahun 2024.

Kemudian, selain membangun RTP baru, Edi menyebut akan melanjutkan pembangunan empat RTP yang belum selesai di tahun 2023.

"Untuk RTP lanjutan itu di RTP Masigit, Ciwedus, Ketileng, dan Bagendung," pungkasnya.

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com