Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2024, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Emirates Flight Catering, salah satu usaha katering terbesar di dunia, telah sepenuhnya mengakuisisi Emirates Bustanica (yang sebelumnya dikenal sebagai Emirates Crop One) beserta merek konsumennya Bustanica, pertanian vertikal dalam ruangan terbesar di dunia.

Langkah strategis ini menjadikan Emirates Bustanica sebagai perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan membantu menjaga visi negara dalam meningkatkan keamanan pangan dan air serta kemampuan pertaniannya.

Dalam rilis Jumat (23/2/2024), disebutkan bahwa akuisisi ini mendorong Emirates Bustanica untuk menggunakan pengetahuan lokal dan teknologi terkini untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang.

Baca juga: Jejak Karbon Urban Farming 6 Kali Lipat Lebih Besar dari Pertanian Konvensional

Bustanica, yang berlokasi dekat Bandara Internasional Al Maktoum di Dubai World Central, memiliki fasilitas seluas 330.000 kaki persegi dengan kemampuan untuk menanam lebih dari 1 juta kilogram sayuran hijau berkualitas tinggi setiap tahun, setara dengan 3 ton setiap hari.

Hal ini dicapai dengan menggunakan 95 persen lebih sedikit air daripada pertanian konvensional.

Hasil produksi Bustanica tersedia di semua peritel besar di UEA seperti Spinney's, Waitrose, Carrefour, dan Choithrams.

Pelanggan Emirates dan maskapai lain dapat menikmati hasil pertanian segar dari Bustanica dalam salad dan makanan mereka.

Sejak diluncurkan pada bulan Juli 2022, Bustanica telah menjadi topik pembicaraan di UEA berkat ragam produk sayuran hijau, rempah-rempah, dan microgreens yang semakin luas, yang dapat dan seharusnya langsung dimakan dari kotak.

Hasil pertanian Bustanica ditanam tanpa pestisida atau herbisida sehingga produknya 100 persen bersih, segar, dan kaya nutrisi. Bustanica menghasilkan berbagai jenis selada, bayam, peterseli, dan kale.

Baca juga: Indonesia-Jepang Kolaborasi Olah Limbah Pertanian Jadi Biofuel dan Biokimia

Operasi Bustanica didukung oleh teknologi canggih seperti pembelajaran mesin, artificial intelligence, dan teknologi paten lainnya, serta tim internal yang terdiri dari pakar agronomi, insinyur, ahli hortikultura, dan ilmuwan tanaman.

Baru-baru ini, Emirates Bustanica diakui sebagai pemasok produk pertanian pilihan untuk COP28, sebuah penghargaan atas komitmennya terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com