Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

InDrive Bersih-bersih Sungai Pekayon, Ajak Komunitas dan Penumpang

Kompas.com - 20/07/2024, 15:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan transportasi online inDrive, bersama dengan Waste4Change, penumpang, dan pengemudi inDrive telah melaksanakan proyek pembersihan di Sungai Pekayon, Bekasi, Jawa Barat.  

Dengan melibatkan komunitas lokal, inDrive bertujuan untuk menunjukkan bagaimana upaya kolaboratif dapat secara efektif menangani masalah lingkungan dan mempromosikan praktik berkelanjutan.

"Tujuan utama dari proyek pembersihan Sungai Pekayon adalah mendukung komunitas lokal dan memperindah keindahan alam daerah tersebut," ujar Communications Manager inDrive Indonesia, Wahyu Ramadhan, dalam pernyataannya, Sabtu (20/7/2024). 

Baca juga:

Ia menjelaskan, inisiatif ini diluncurkan melalui aplikasi inDrive dengan kampanye #BerkendaraUntukSungaiBersih, di mana setiap empat kali perjalanan berkontribusi pada kegiatan pembersihan.

Adapun dalam proyek ini, setelah beberapa jam, tim berhasil mengumpulkan 60 kg sampah, yang akan disortir dan didaur ulang bekerja sama dengan Waste4Change.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa inDrive berkomitmen untuk menganalisis hasil dari proyek ini dan mempertimbangkan inisiatif serupa di lokasi lain.

"Proyek pembersihan di Pekayon berfungsi sebagai pilot untuk Indonesia, dan perusahaan ini bersemangat untuk memperluas dampaknya melalui program inVision, yang fokus pada berbagai proyek berdampak sepanjang tahun," terangnya. 

Dorong komunitas dan kolaborasi

Ia juga mengapresiasi komunitas lokal yang terlibat aktif dalam kegiatan pembersihan. Apalagi, penumpang inDrive berkontribusi langsung dengan berpartisipasi dalam perjalanan yang mendukung inisiatif ini.

"Pendekatan inklusif ini tidak hanya mendorong keterlibatan komunitas tetapi juga memperkuat tanggung jawab kolektif terhadap pemeliharaan lingkungan yang bersih," ujar Wahyu.

Menurutnya, proyek pembersihan ini selaras dengan visi dan misi inDrive sebagai perusahaan yang berorientasi pada masyarakat dan berkomitmen untuk berkontribusi pada komunitas lokal.

"Ini menggambarkan keyakinan perusahaan bahwa upaya kolektif dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan," imbuh dia. 

Baca juga: Kolaborasi Jadi Kunci Pengelolaan Wilayah Sungai

Sementara, Campaign Manager Waste4Change Saka Dwi Hanggara mengatakan adanya kolaborasi antara inDrive, dengan komunitas, hingga pemerintah. 

"Kegiatan aksi bersih yang dilakukan oleh inDrive bersama dengan pengemudi inDrive, Dinas Lingkungan Hidup, serta komunitas lokal merupakan langkah awal dalam mewujudkan lingkungan dan kehidupan yang lebih baik," ujar Saka. 

Kegiatan ini menurutnya juga sebagai simbol sinergitas untuk bersama-sama menghadapi krisis lingkungan yang terjadi di Indonesia.

"Dengan adanya kegiatan ini para peserta mengetahui kondisi lingkungan saat ini, dampak berkelanjutan dari membuang sampah sembarangan, serta bagaimana setiap individu dapat berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," paparnya. 

Sebagai informasi, selain proyek pembersihan Sungai Pekayon, inDrive telah meluncurkan tujuh proyek lainnya di 21 negara, dengan fokus menentang ketidakadilan dan mempromosikan agenda sosial.

Pusat inVision didedikasikan untuk empat bidang yakni pendidikan, olahraga, industri kreatif, dan IT.

Di Indonesia, inDrive secara aktif mempromosikan Aurora Tech Award dan baru-baru ini mengumumkan Alternativa Film Festival, yang mendukung pembuat film muda dan menyoroti isu-isu sosial.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau