Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2023, 19:10 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Danone Indonesia menjadikan Desa Cibeusi di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai desa wisata.

Danone Indonesia yang juga produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) memang memiliki pabrik di kawasan dekat dengan Desa CIbeusi.

"Desa Wisata Cibeusi adalah komitmen Danone Indonesia dalam keberlanjutan lingkungan," kata Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, dalam keterangan resmi tertulis pada Jumat (7/4/2023).

Berkenaan dengan status Desa Wisata tersebut, Danone Indonesia memang menjadi mitra strategis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Desa Wisata Cibeusi masuk dalam 75 besar Desa Wisata pada perhelatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, dan telah disambangi  Menparekraf Sandiaga Uno.

Penyangga

Sebagai kawasan penyangga, pelindung, dan konservasi alam, Kecamatan Ciater memiliki luas 1.200 hektar.

Kawasan penyangga ini perlu dijaga keberlanjutannya guna melindungi fungsinya sebagai lahan resapan air (recharge area) bagi daerah aliran sungai (DAS) Cipunagara.

Sejak 2019 lalu, Danone Indonesia berkolaborasi bersama Yayasan Javlec (Java Learning Center) Indonesia di bawah payung program CSR Pabrik Aqua Subang telah menjalankan beragam program konservasi lingkungan berbasis green economy.

Baca juga: Revisi Perpres Rencana Tata Ruang KPN di Kalimantan Harus Berwawasan Lingkungan

Program-program ini mengintegrasikan upaya penguatan kelembagaan; pemberdayaan ekonomi dan sosial budaya; edukasi; dan upaya konservasi fisik seperti penanaman pohon, pembangunan sumur resapan, biopori, serta rorak.

Rorak merupakan lubang-lubang buntu yang dibuat dengan ukuran tertentu pada bidang sejajar dengan kontur bidang olah.

Rorak berfungsi menjebak dan meresapkan air ke dalam tanah serta menampung sedimen-sedimen.

Hingga saat ini, tercatat telah tertanam 49.000 pohon dan terbangun 1.000 lubang biopori, 75 sumur resapan, serta 2.000 rorak.

Selain menjaga kelestarian lingkungan, upaya ini juga mampu mencegah bencana banjir dan longsor akibat curah hujan yang tinggi di wilayah ini sepanjang tahun.

Pengelolaan tata ruang desa juga dilakukan dengan harapan mencegah alih guna lahan dan menunjang pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com