Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - inDrive, platform ride-hailing global merilis program terbarunya di Indonesia dengan peluncuran inisiatif sepeda motor listrik terbaru.

Dalam kemitraan dengan IVITECH.Drive, inDrive akan melihat potensi pasar motor listrik di Tanah Air sekaligus memberdayakan komunitas ojek online (ojol) dengan program penyewaan khusus atau rent to own yang inovatif.

Business Development Manager inDrive Indonesia Georgy Malkov memaparkan, ide untuk program dimulai ketika Perusahaan menemukan cukup banyak driver ojol di Indonesia yang tidak memiliki sepeda motor dan mereka harus membayar biaya sewa harian yang mahal untuk bisa bekerja.

"Di inDrive, kami percaya bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan dan kebebasan yang sama untuk bekerja, jadi kami membuat inisiatif ini untuk memberikan akses ke kendaraan listrik yang terjangkau dengan bantuan IVITECH.Drive," tutur Georgy.

Baca juga: Indonesia Dukung Interkonektivitas Transmisi Listrik ASEAN

Analis Kebijakan Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Perekonomian Bayu Anggara mengapresiasi program motor listrik dari inDrive ini yang sejalan dengan rencana pemerintah untuk mendorong lebih banyak kendaraan listrik di Indonesia.

"Semoga program ini bisa lebih terus dikembangkan lagi untuk menjangkau kota-kota lainnya," imbuh Bayu.

Program rent-to-own adalah inisiatif terobosan yang dirancang khusus untuk memberdayakan pengemudi inDrive.

Penawaran unik ini memungkinkan pengemudi  untuk memiliki sepeda motor listrik dengan biaya sewa yang lebih terjangkau dalam waktu relatif singkat.

Dengan program rent-to-own, pengemudi mendapatkan akses sarana transportasi yang andal dan efisien sambil menikmati manfaat kepemilikan.

Baca juga: Begini Strategi Pemerintah Percepat Program Konversi Motor Listrik

Sebanyak 50 unit kendaraan listrik akan tersedia untuk disewa pada gelombang pertama inisiatif ini yang berlokasi di Jakarta.

Untuk berpartisipasi dalam program ini, pengemudi inDrive yang terdaftar dapat melakukan registrasi di halaman arahan khusus di mana mereka akan melalui proses penilaian oleh tim IVITECH.Drive.

Setelah pengemudi berhasil melewati fase penilaian, mereka akan diberi kesempatan untuk berlangganan program rent to own.

Pengemudi kemudian akan mendapatkan sepeda motor listrik co-branded dengan langganan harian sebesar Rp 33.300.

Setelah jangka waktu yang ditentukan, jika semua pembayaran diproses dengan benar, kepemilikan sepeda akan ditransfer dari IVITECH.Drive ke pengemudi.

Baca juga: Akselerasi Nol Emisi, Mandiri dan Volta Bersinergi lewat Motor Listrik

inDrive sangat percaya akan pentingnya mendukung komunitas pengemudi dan memelihara stabilitas finansial mereka.

Melalui program rent-to-own, pengemudi dapat mengambil langkah untuk mencapai kemandirian finansial, dan pada akhirnya memiliki sepeda motor listrik, sehingga memberikan jala menuju kemandirian finansial jangka panjang.

Georgy menuturkan, program inovatif ini selaras dengan komitmen Perusahaan untuk memberdayakan komunitas pengemudi yang berdedikasi dengan menawarkan kesempatan untuk memiliki kendaraan mereka secara bertahap.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan mata pencaharian mereka sambil membangun industri transportasi online yang inklusif dan mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi karbon," tambah Georgy.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com