Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2023, 21:57 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indra Karya (Persero) merealisasikan tujuh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) melalui program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Simamora membeberkan, ada tujuh tujuan SDGs yang disasar, yakni SDGs Nomor 6 akses air bersih dan sanitasi, 7 energi bersih dan terjangkau.

Kemudian Nomor 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, 9 infrastruktur, industri dan inovasi, 10 mengurangi ketimpangan, 15 menjaga ekosistem darat, dan 17 kemitraan untuk mencapai tujuan.

"Wujud ketujuh tujuan SDGs itu terlaksana di Desa Sukorejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah," tutur Gok Ari, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Laporan SDGs 2022: Pemberantasan Kemiskinan Ekstrem 2030 Sulit Tercapai

Hingga 2022 usai, Indra Karya mendampingi masyarakat perdesaan tersebut membangun dan mengelola kemandirian ekonomi.

"Nama program kami adalah Program Desa Sukorejo Terintegrasi," ujar Gok Ari.

Perusahaan berpartisipasi aktif melalui Program TJSL bantuan penanaman pohon terintegrasi di sektor pertanian, sektor peternakan, serta sektor pariwisata.

"Pendampingan ini berkaitan dengan pekerjaan masyarakat setempat secara umum yakni petani," ucap Gok Ari.

Sebagai BUMN konsultan karya, Indra Karya membidik masyarakat desa agar bisa merasakan kemandirian ekonomi serta pulih seutuhnya pascapandemi Covid-19.

Bersama para warga perdesaan itu, pelaksanaan TJSL termasuk penanaman padi organik, tanaman jagung jail, biogas, perikanan, pestisida organik, penanaman pohon durian, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pembaca Muda KG Media Paling Peduli SDGs Perusahaan atau Merek

"Desa Sukorejo ada di kaki Gunung Lawu yang strategis dengan pemandangan indah serta kearifan lokalnya," imbuh Gok Ari.

Hasil TJSL Desa Sukorejo Terintegrasi antara lain mampu meningkatkan pendapatan para petani, pertumbuhan UMKM desa setempat serta meningkatkan pendapatan BUMDes sampai dengan dua kali lipat.

Buah keberhasilan TJSL Desa Sukorejo Terintegrasi adalah ganjaran penghargaan Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2023 dalam kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dari The La Tofi School of CSR pada Rabu (5/7/2023).

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com