Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Literasi di Desa Cijayanti, BRIDS Bangun Saung Baca

Kompas.com - 31/07/2023, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menurut UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah terkait literasi. Minat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen, yang artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang rajin membaca.

Sebagai upaya mendukung peningkatan literasi dan edukasi di Indonesia yang berkelanjutan, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) melalui BRIDS Peduli, program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan, meresmikan saung baca di Desa Cijayanti, Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan saung baca ini merupakan hasil kolaborasi dengan komunitas literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Bale Baca Cijayanti, sebuah komunitas yang didirikan oleh sekumpulan anak muda sejak tahun 2019 yang berfokus pada peningkatan literasi untuk anak-anak dan remaja usia 3-17 tahun.

Selain membangun saung baca, Perusahaan juga memberikan donasi berupa peralatan edukasi, buku, yang melibatkan sekitar 40 pegawai untuk berinteraksi dengan anak-anak di TBM, dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan komunikasi, serta untuk memiliki mimpi yang tinggi.

Baca juga: Rilis Gerakan Literasi Bersama, HK Buka Program Donasi Buku

Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo mengungkapkan, pembangunan saung ini dilakukan dalam rangka HUT ke-31 Perusahaan dengan tujuan memberikan nilai tambah kepada masyarakat, serta memenuhi kebutuhan tempat belajar yang layak, nyaman dan mampu memenuhi antusias belajar sekitar 150 anak-anak penerima manfaat di Desa Cijayanti.

“Kami berharap dengan dibangunnya saung baca ini dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan adik-adik saat belajar, dan juga dapat meningkatkan kualitas edukasi di Desa Cijayanti secara berkelanjutan, agar adik-adik dapat menggapai cita-cita yang diimpikan," jelas Laksono dalam rilis pers kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Penanggung Jawab TBM Bale Baca Cijayanti Dwi Sulistia Ningsih menyampaikan, saung baca yang baru ini sangat membantu dalam kegiatan belajar anak-anak, karena selama ini ruangan yang ada tidak mencukupi kapasitas anak-anak.

“Ini adalah ‘kapal baru’ untuk mempersiapkan dan mengantarkan anak-anak untuk menggapai mimpinya. Terima kasih CSR BRI Danareksa Sekuritas atas perhatian dan kesungguhan terhadap pendidikan,” tambah Dwi.

Baca juga: Hanya 36,14 Persen Perempuan Melek Literasi Keuangan Digital

Pada kegiatan ini, BRIDS didukung oleh Indorelawan, sebuah organisasi nirlaba berbasis daring yang mempertemukan organisasi sosial dengan relawan.

Dikutip dari situsnya, Indorelawan telah membantu sekitar 270.000 relawan dan 6.000 organisasi untuk melaksanakan lebih dari 8.000 aktivitas.

“BRI Danareksa berkomitmen untuk mendukung peningkatan edukasi di seluruh Indonesia melalui program CSR BRIDS Peduli yang terdiri dari kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak yang berkelanjutan seperti kegiatan hari ini,” tutup Laksono.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com