Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti BRIN: Desa Inovasi Berperan Penting dalam Membangun Indonesia

Kompas.com - 28/03/2024, 21:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Periset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan, desa merupakan ujung tombak pemerintah dalam melakukan pembangunan.

"Membangun desa artinya membangun Indonesia atau membangun Indonesia dari desa," ujar Siti dalam paparannya Membangun Desa Inovasi untuk Indonesia Maju dan Sejahtera pada Webinar Diseminasi: Membangun Desa Inovasi untuk Indonesia Maju dan Sejahtera, Rabu (27/3/2024). 

Menurutnya, peran desa sangat penting, apalagi Indonesia bersepakat untuk menjalankan demokrasi agar masyarakat desa berdaya dalam arti sesungguhnya. 

Masyarakat desa memiliki hak untuk menjadi masyarakat yang sejahtera, apalagi jumlahnya ada 75.000 desa di seluruh Indonesia.

"Seandainya sepertiga desa tersebut maju, itu sebenarnya pemerintah Indonesia dapat membangun Indonesia atau membangun Indonesia dari desa,” papar dia.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Indeks Desa demi Pemerataan Pembangunan

Lebih lanjut, ia memaparkan peran desa inovasi sebagai desa yang mengembangkan pembangunan secara partisipatif, atau melibatkan semua stakeholders.

Selain itu, desa inovatif bersifat akuntabel, transparan, dan inovatif berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (iptekin), serta kearifan lokal.

"Rekayasa iptekin berguna bagi kemanfaatan, peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, sehingga pembangunan memiliki nilai tambah,” terang Siti.

Desa inovasi

Siti menjelaskan, awalnya program Desa Inovasi bermula pada 2016. Saat itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendirikan Desa Cerdas yang disebut smart village dengan empat pilar, yaitu smart people, smart governance, smart economy, dan smart environment.

Sejak 2021, setelah organisasi berubah menjadi BRIN, maka kata kunci inovasi berubah namanya menjadi desa inovasi.

"User pertamanya adalah Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara sebagai daerah hasil pemekaran yang dipimpin Ruksamin Bupati Konawe Utara," terang Siti. 

Ia menjelaskan, desa inovasi tidak akan pernah bisa dibangun tanpa ada keberpihakan yang sangat kuat dari pemimpin daerahnya, dan hal ini sudah dibuktikan di sejumlah daerah.

“Tidak bisa button up memang harus top down, dan sudah dicoba di Desa Laramo Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Kita pun tidak menemui hambatan saat membuat program desa inovasi ini,” tutur Siti.

Siti menyebut, Bupati Konawe Utara satu-satunya pimpinan daerah di Indonesia yang menyanggupi untuk menerima program desa inovasi sebagaimana ditawarkan oleh BRIN.

Baca juga: Kembangkan Desa Selaras Kota, Ini 5 Kunci dari Bappenas

Menurutnya, desa inovasi yang dilakukan BRIN ini bisa memberdayakan, mencerdaskan, dan menyejahterakan masyarakat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com