Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2023, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Bumi makin panas. Pada tahun 2022 saja, terjadi 10 peristiwa cuaca ekstrem yang masing-masing menyebabkan kerusakan bernilai miliaran dolar AS, berdampak pada jutaan orang, membuat ribuan orang mengungsi, dan membunuh puluhan orang.

Peristiwa ini termasuk, namun tidak terbatas pada, kekeringan parah di Eropa, China, dan Brasil, banjir besar di China, Australia Timur, Pakistan, dan Afrika Selatan, serta badai dahsyat di Karibia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Diperkirakan, 4,3 miliar orang tinggal di daerah perkotaan yang sebagian terletak di dekat garis pantai, sungai, dan dataran banjir, serta terpapar dampak perubahan iklim.

Baca juga: 10 Negara dengan Pengelolaan Sampah Terbaik

Sayangnya, populasi termiskin dan paling terpinggirkan terkena dampak secara tidak proporsional oleh perubahan iklim dan tidak memiliki sumber keuangan untuk memitigasi risiko atau membangun ketahanan terhadap bencana iklim yang semakin sering dan parah.

Oleh karena itu, pembangunan kawasan perkotaan yang berkelanjutan dalam perencanaan, desain, dan investasi dalam mitigasi dampak perubahan iklim sangat penting bagi kesejahteraan miliaran penduduk perkotaan di seluruh dunia.

Ilustrasi suasana senja musim panas di Oslo. Norwegia. Negara ini punya durasi puasa terlama yaitu sekitar 20 jam. SHUTTERSTOCK/GRISHA BRUEV Ilustrasi suasana senja musim panas di Oslo. Norwegia. Negara ini punya durasi puasa terlama yaitu sekitar 20 jam.
Corporate Knights pun menerbitkan indeks berbasis indikator kuantitatif untuk menilai pembangunan berkelanjutan kota-kota global.

Indeks ini berfokus pada aspek lingkungan keberlanjutan dan memperkenalkan Corporate Knights Socio-Economic Adjustment Factor (CKSEAF) untuk memperhitungkan perbedaan sosial ekonomi yang berdampak pada keberlanjutan faktor lingkungan.

Indeks Kota Berkelanjutan berfokus pada hasil, dengan 11 dari 12 indikatornya yang terdiri dari pengukuran fisik polusi udara partikulat, akses ke dan konsumsi air minum, dan timbulan limbah.

Baca juga: 10 Negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik di Dunia 2023

Kemudian ketergantungan mobil dan kepadatan jalan, transit dan pembagian moda transportasi aktif, ruang terbuka, baik emisi gas rumah kaca berbasis lokal maupun konsumsi, dan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Indikator ke-12 berfokus pada kebijakan dan mencakup komitmen kota terhadap energi terbarukan, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan transportasi bersih.

Pemeringkatan Corporate Knights menegaskan prinsip-prinsip desain berikut yang telah diterapkan dalam pengembangan Indeks Kota Berkelanjutan.

Indeks tersebut meliputi relevansi yakni indeks dan peringkat dimaksudkan untuk mewakili kota-kota berkelanjutan di konteks saat ini. 

Keramaian warga di perlintasan sepeda di Strandvejen -sebuah jalan sepanjang tak kurang dari 7 kilometer yang membentang dari utara ke selatan di kawasan Hellerup, sisi timur Kota Kopenhagen, pada Senin pagi (30/5/2022). Kopenhagen dikenal sebagai kota sepeda dunia yang menawarkan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepedanya. Ada tak kurang dari 380 kilometer jalur khusus sepeda di Kopenhagen, yang memungkinkan warganya menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Keramaian warga di perlintasan sepeda di Strandvejen -sebuah jalan sepanjang tak kurang dari 7 kilometer yang membentang dari utara ke selatan di kawasan Hellerup, sisi timur Kota Kopenhagen, pada Senin pagi (30/5/2022). Kopenhagen dikenal sebagai kota sepeda dunia yang menawarkan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepedanya. Ada tak kurang dari 380 kilometer jalur khusus sepeda di Kopenhagen, yang memungkinkan warganya menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama.
Kemudian indeks transparansi, yakni metodologi pemeringkatan yang tepat dan hasil proses diungkapkan sepenuhnya.

Selanjutnya obyektivitas, kota dinilai menggunakan data kuantitatif dan indikator kinerja. Data publik yaitu  pemeringkatan bergantung terutama pada poin data yang ada di domain publik dan sebagian besar dapat diakses dari database gratis.

Berikutnya keterbandingan yang menekankan lota dibandingkan dengan indikator yang sama. Keterlibatan, di mana kota-kota yang dipilih untuk pemeringkatan perdana diinformasikan sebelum publikasi dan diundang untuk meninjau data.

Baca juga: 10 Kota Terbaik Dunia, Surga Pesepeda

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com