Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPA 350 Liter Per Detik Dioperasikan, Antisipasi Masalah Air

Kompas.com - 07/08/2023, 15:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam bersama PT Air Batam Hulu dan PT Air Batam Hilir akhirnya membeli dan mengoperasikan satu Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru  berkapasitas 350 liter per detik di Waduk Duriangkang.

Alhamdulillah pembelian dan instalasi IPA 350 baru sudah selesai. Jadi, tadi malam IPA 350 tersebut telah dioperasikan,” kata Kepala BP Batam M Rudi, Senin (7/8/2023).

Rudi menjelaskan, untuk penambahan produkusi air dan penambahan pada jaringan pipa diseluruh Batam membutuhkan biaya sebesar Rp 4,5 triliun.

“Jadi saya tidak bisa langsung menyelesaikan semuanya,” jelas Rudi.

Pendapatan dari air yang diterima dari masyarakat Batam selama ini digunakan untuk menambah produksi air dan penambahan jaringan pipa, meskipun pendapatan itu hanya mampu menutupi 10 persen dari kebutuhan yang diperlukan.

Baca juga: Pakar: Air Isi Ulang Berpotensi Meningkatkan Risiko Stunting pada Anak

“Saya harus membagi anggaran daerah juga supaya semuanya merasa adil,” sebut Rudi.

Direktur BU SPAM BP Batam Denny Tondano mengakui, produksi dan distribusi selama ini masih mengalami kekurangan.

Sebagai solusi akan kembali dibangun IPA baru berkapasitas 350 liter per detik dan akan beroperasi pada bulan September 2023.

Saat ini IPA baru ini masih dalam tahap uji coba, dan dalam waktu dekat atau dua minggu ke depan sudah beroperasi dengan stabil.

"Memang kalau siang belum. Karena serapan (pemakaiannya) cukup tinggi dan dia akan turun lagi. Insya Allah, kalau di malam hari, akan segera mengalir sama seperti kemarin malam. Setelah operasinya permanen, mudah-mudahan bisa lebih bagus dari kemarin malam,” papar Denny.

Direktur PT Air Batam Hulu-PT Air Batam Hilir (ABH-ABHi) Mujiaman Sukirno mengatakan, pengoperasian IPA baru berdampak pada mulai teralirinya air di kawasan Blok K Kaveling Saguba.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Reverse Osmosis (RO), Saring 99,99 Persen Polutan Air

Blok K Kabeling Saguba merupakan area dengan kontur tanah (elevasi) yang paling tinggi di daerah Saguba.

“Kalau masih ada kekurangan, kami juga siapkan truk tangka,” jelas Sukirno.

Dengan mulai beroperasinya IPA ini, warga diimbau tidak menggunakan pompa air. Terutama untuk yang tinggal di daerah rendah.  Sebab, penggunaan pompa air akan mengakibatkan tidak teralirinya air hingga keujung pipa.

“Agar tetangga lain tidak terganggu, mari sama-sama menunggu air datang. Kemudian dialirkan ke tandon masing masing,” pungkas Sukirno.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com