Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2023, 07:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengurangi risiko dan memastikan kelangsungan komunitas serta melindungi masyarakat dan lingkungan, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor memberikan pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Bogor.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 22-24 Agustus 2023 dengan melibatkan peran serta warga sekitar, tokoh masyarakat serta kepala desa setempat. Sebelumnya SBI juga menginisiasi Destana di dua desa lainnya yaitu Lulut dan Kembang Kuning.

Membangun desa yang tangguh terhadap bencana memiliki manfaat yang signifikan dalam menciptakan komunitas yang lebih aman dan berkelanjutan.

Baca juga: Perubahan Iklim Sebabkan Hujan Makin Lebat dan Cuaca Ekstrem, Bencana Mengintai

Dengan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam mengambil tindakan pencegahan yang cepat, dapat membantu masyarakat lebih siap menghadapi ancaman bencana.

General Affairs Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong Nur Lailiyah mengatakan, membangun desa tangguh bencana sangat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan perusahaan terutama yang berkaitan dengan pengurangan risiko bencana dan ketahanan masyarakat.

“Melalui pelatihan dan dukungan, kami ingin membantu masyarakat lokal dalam mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk merespons dan pulih dari bencana serta membantu mengurangi dampak bencana bagi ekonomi warga," ujar Lailiyah.

Selain itu, Perusahaan juga memberikan berkontribusi dalam elemen pentahelix program kebencanaan dan inisiasi Destana yang melibatkan kolaborasi bersama pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media.

Kepala Desa Klapanunggal Ade Endang Kosasih mengapresiasi kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini. Menurutnya, ini merupakan bentuk sinergi yang sangat baik untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat antara perusahaan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: 463 Beasiswa dari SBI Pabrik Narogong, Wujudkan Pendidikan Inklusif

"Semoga kolaborasi ini dapat terus terjaga demi kebaikan bersama”, sahut Ade.

Dalam sesi pelatihan kali ini, masyarakat dibekali dengan berbagai pengetahuan umum sigap bencana seperti pertolongan dasar P3K, penanganan luka bakar, pemadaman api dengan APAR, pelatihan penanganan bencana gempa serta prosedur pelaporan jika terjadi bencana.

Berkat komitmen, konsistensi serta peran aktif dalam terbentuknya Destana di Kabupaten Bogor, BPBD Kabupaten Bogor memberikan penghargaan Perusahaan Terbaik kepada SBI Pabrik Narogong.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com