Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi "Coastal Clean Up" Pertamina Trans Kontinental Kumpulkan 12,6 Ton Sampah

Kompas.com - 04/09/2023, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang merupakan anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS), Sub Holding Integrated Marine Logistics (IML) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang melakukan aksi pembersihan sampah coastal clean up di sepanjang pesisir Kampung Nelayan Tambakrejo, Semarang, Sabtu (2/9/2023).

Sebanyak lebih dari 1.300 orang terlibat dalam aksi ini. Mereka terdiri dari siswa sekolah dasar, mahasiswa perguruan tinggi, pengurus bank sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, komunitas peduli lingkungan, TNI/Polri, serta masyarakat umum.

Dari kegiatan ini, sebanyak 12,6 ton sampah yang diangkut ke dalam 8 truk berhasil terkumpul dan selanjutnya akan disalurkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) untuk dipilah dan dikelola kembali.

Baca juga: Usung Misi Menuju 0 Sampah, Re.juve Gandeng Seasoldier

Program coastal clean up ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTK di bawah pilar Pertamina Transko Environment yang berfokus pada pelestarian lingkungan.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 PTK yang jatuh pada 9 September mendatang.

Dipilihnya Kampung Nelayan Tambakrejo dilatarbelakangi oleh tingginya laporan dari DLH Kota Semarang mengenai tumpukan sampah di wilayah tersebut.

Coastal Clean Up ini juga menggandeng Pandawara Group, influencer sekaligus content creator yang aktif mengampanyekan isu lingkungan melalui berbagai konten media sosial serta event pembersihan lingkungan secara massal.

Diharapkan, hadirnya Pandawara ini bisa memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat yang hadir untuk semakin cinta lingkungan.

Baca juga: 3 Solusi untuk Menghindari Penumpukan Sampah Elektronik

Dukungan pun datang dari Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih atas inisiatif yang telah dilakukan PTK beserta seluruh pihak yang mendukung program ini.

"Kami berharap kolaborasi-kolaborasi yang telah terbangun ini bisa terus berlanjut," ujar Hevearita.

Sementara itu, I Ketut Laba selaku Direktur Utama PTK menuturkan, keterlibatan lintas elemen masyarakat ini sangat baik, sekaligus menandakan perlunya kolaborasi untuk menyelesaikan sebuah masalah, terutama tentang sampah.

"Kami berharap program coastal clean up ini memberikan kontribusi kepada masyarakat dan menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menjaga lingkungan hidup, karena permasalahan sampah adalah tanggungjawab bersama,” urai I Ketut Laba.

Setelah aksi bersih-bersih pesisir ini, PTK akan melaksanakan coastal clean up lanjutan bersama relawan “Eco Guardian” yang berlokasi di Pantai Maron Kota Semarang dan juga pelatihan pengolahan limbah plastik bagi Bank Sampah Binaan PTK.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com