Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2023, 10:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Green Office Park 1 di BSD City, Tangerang, meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2023 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Sinarmas Land dalam upaya mereduksi kebutuhan energi secara efisien dan menyeimbangkan antara sumber energi konvensional dengan energi terbarukan.

PSBE merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada berbagai stakeholder di sektor bangunan dan industri yang berhasil menerapkan upaya efisiensi serta konservasi energi.

Baca juga: Pembangunan Pasar Sanggeng Manokwari Usung Konsep Green Building

Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi terus mendorong pemanfaatan energi secara efisien dan bertanggung jawab melalui penggunaan energi terbarukan.

Hal ini juga sekaligus mendukung pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) yang berisi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga tahun 2030.

Managing Director President Office Sinarmas Land Dony Martadisata mengatakan, sebagai pengembang properti terus berupaya menghadirkan beragam inovasi yang berkelanjutan demi keberlangsungan lingkungan bumi yang lebih baik agar bisa dinikmati oleh generasi penerus.

Green Office Park 1 merupakan gedung perkantoran yang dibangun di atas lahan seluas 19.144 meter persegu dengan memadukan ruang terbuka hijau dan bangunan yang ramah lingkungan serta hemat energi, sesuai dengan konsep green building.

Baca juga: BCI Asia Awards 2023 Digelar, Bangunan Hijau Jadi Salah Satu Penilaian

Green Office Park 1 dilengkapi dengan high quality spaces: The Campus Courtyard Experience yaitu taman seluas 3.000 meter persegi di tengah-tengah bangunan dengan full canopy.

Pusat bangunan Green Office Park 1 juga didesain sebagai Atrium Plaza yang berfungsi mengoptimalkan pencahayaan serta ventilasi alami.

Pemanfaatan ruang terbuka hijau di gedung ini sebesar 62 persen dari total luas lahan juga membantu menyerap polusi udara dan menurunkan suhu sekitar, sehingga tak hanya ramah lingkungan tapi juga hemat energi.

Untuk diketahui, Green Office Park 1 merupakan kawasan perkantoran pertama di Indonesia yang tersertifikasi Green Mark District dari lembaga internasional Building and Construction Authority (BCA) Singapura.

Sebelumnya, gedung ini juga telah memperoleh sertifikasi bangunan hijau peringkat Gold dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com