Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 20:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Batik Gonggong khas Kepulauan Riau (Kepri) ikut tampil memeriahkan acara Istana Berbatik yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional tahun 2023 yang diperingati setiap  tanggal 2 Oktober.

Tampak para gubernur dari seluruh Indonesia berjalan di hadapan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Begitu juga dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Dewi Kumalasari yang merupakan istri dan juga ketua TP-PKK Kepri, mengenakan batik Gonggong.

Baca juga: Lestarikan Budaya, Petrokimia Gresik Gelar Pertunjukkan Wayang Kulit

“Indonesia patut bangga karena memiliki batik. Batik tak hanya soal karya seni tapi cermin budaya Indonesia,” kata Ansar melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Ansar menilai, batik tidak hanya karya seni, tapi warisan budaya yang turun temurun dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan aktif melestarikan dan mengembangkan batik.

“Bahkan hampir setiap provinsi memiliki batik khas dari daerah mereka masing-masing,” pungkas Jokowi.

Peragaan batik dilaksanakan di atas catwalk sepanjang 150 meter merupakan bentuk pengenalan batik kepada generasi muda selanjutnya.

Istana Berbatik menampilkan berbagai koleksi batik dari berbagai kerajaan, UMKM, karya perancang busana Indonesia.

Terdapat 503 orang peraga istimewa termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga, menteri, hingga perwakilan negera sahabat yang secara tidak langsung mempromosikan batik khas Nusantara.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com