Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smart Pumping, Upaya Konservasi Sumber Daya Air dalam Pemenuhan Standar Industri Hijau

Kompas.com - 11/10/2023, 19:14 WIB
Alek Kurniawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sektor industri memiliki tanggung jawab dalam melakukan upaya konservasi sumber daya air di lingkungan operasional melalui metode reduce, reuse, dan recycle (3R).

Intensitas penggunaan air, pengolahan, dan pemanfaatan air daur ulang, serta intensitas penggunaan energi dalam sistem pengolahan air pun menjadi tiga aspek penting guna mengukur efisiensi serta efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.

Sebagai informasi, pengolahan sumber daya air secara berkelanjutan oleh sektor industri tercantum dalam target Sustainable Development Goals (SDGs) ke-6.

Baca juga: Tingkat Kepercayaan Perusahaan Indonesia Mencapai Tujuan Sustainability Lebih Tinggi dari Singapura dan Malaysia

Sementara itu, tujuan SDGs ke-12 secara khusus menyoroti peran industri dalam melakukan proses produksi dan konsumsi sumber daya secara bertanggung jawab.

Sektor industri harus memastikan ketersediaan dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan dengan melakukan efisiensi, daur ulang air yang bersih dan aman bagi lingkungan, serta mengintegrasikan sistem pengolahan air.

Bisa dibilang, pompa dan sistem pompa memiliki peranan krusial dalam mendukung upaya pengolahan air yang berkelanjutan tersebut.

Namun, beragam masalah mulai dari kebocoran dan kerusakan sistem pompa yang sering kali tak terdeteksi, proses pengolahan dan distribusi air yang tidak efisien, hingga konsumsi energi yang tinggi dalam pengoperasian pompa perlu mendapatkan perhatian serius.

Sektor industri harus memastikan ketersediaan dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan dan efisien.DOK. SCHNEIDER ELECTRIC Sektor industri harus memastikan ketersediaan dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan dan efisien.

Smart pumping

Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu peran stakeholder guna mendukung digitalisasi dan automasi dalam rangka mewujudkan pengolahan air yang andal dan berkelanjutan di sektor industri.

Sebagai contoh, aksi yang dilakukan oleh Schneider Electric. Baru-baru ini, perusahaan yang fokus dalam transformasi digital tersebut bekerja sama dengan Wilo, perusahaan pemasok pompa dan sistem pompa premium.

Melalui rangkaian solusi dan arsitektur EcoStruxure untuk smart pumping, Schneider Electric memungkinkan produsen pompa menciptakan teknologi yang lebih fleksibel, terkoneksi, andal, efisien, dan ramah lingkungan (eko-efisiensi) untuk memenuhi kebutuhan di era industri hijau.

Baca juga: Schneider Electric Beri Panduan untuk Memaksimalkan Potensi Data Center dan AI

Business Vice President Industrial Automation Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Martin Setiawan mengatakan, sistem pengolahan air membutuhkan tata kelola dan sistem pompa yang cerdas agar dapat meningkatkan keamanan, keandalan, dan keberlanjutan distribusi air di lingkungan operasional.

“Hal ini menjadi bagian dari upaya mendukung konservasi air yang menjadi salah satu kriteria standardisasi industri hijau,” kata Martin dalam diskusi media dengan tajuk Digitalisasi & Otomasi Sistem Pompa untuk Pengolahan Air yang Berkelanjutan, di Cibis Nine Park, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Arsitektur EcoStruxure untuk smart pumping, lanjutnya, mengombinasikan teknologi augmented operator, machine advisor, dan resource advisor.

Baca juga: Schneider Electric Luncurkan Sustainability School di Indonesia, Bisa Diakses Gratis

“Ketiga teknologi tersebut memungkinkan visibilitas lebih baik terhadap kondisi serta kinerja pompa melalui pemantauan jarak jauh, real-time, pemeliharaan prediktif, serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengolahan air,” jelas Martin.

Tidak hanya itu, teknologi power monitoring expert yang dimiliki juga memungkinkan efisiensi konsumsi energi pada sistem pompa.

Sistem pengolahan air membutuhkan tata kelola dan sistem pompa yang cerdas agar dapat meningkatkan keamanan, keandalan, dan keberlanjutan distribusi air di lingkungan operasional. DOK. SCHNEIDER ELECTRIC Sistem pengolahan air membutuhkan tata kelola dan sistem pompa yang cerdas agar dapat meningkatkan keamanan, keandalan, dan keberlanjutan distribusi air di lingkungan operasional.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com