Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Angka Kematian Ibu, IHC Gelar Edukasi Pra-Kehamilan

Kompas.com - 24/10/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menggelar IHC Medical Forum sebagai puncak Hari Ulang Tahun (HUT) IHC ke-26, Selasa (24/10/2023).

Salah satu acara yang digelar dalam IHC Medical Forum adalah edukasi pemeriksaan pra-kehamilan dan Antenatal Care (ANC) yang berkualitas untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia.

Edukasi pra-kehamilan dan ANC penting dalam mengidentifikasi faktor risiko tinggi kehamilan dan persalinan.

Peran dan kolaborasi seluruh tenaga kesehatan di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) Primer dan Fasyankes Rujukan juga sangat diperlukan dalam menurunkan AKI.

Ini bisa dilakukan melalui skrining yang holistik dan terstruktur serta rujukan sedini mungkin bagi ibu dengan masalah medis dan obstetri termasuk faktor-faktor risiko seperti preeklampsia.

Selain itu, juga digelar pembekalan antisipasi potensi sengketa medis dalam IHC Medical Forum.

Baca juga: Ibu Hamil yang Anemia Pengaruhi Kecerdasan Bayi Hingga Stunting

Tenaga kesehatan perlu memerhatikan hak-hak pasien, berperilaku dan berkomunikasi yang baik kepada pasien, memastikan penjelasan yang diberikan cukup jelas dan dapat dimengerti.

Kemudian menulis catatan rekam medis secara lengkap, benar, teliti, berpraktik sesuai standar profesi, standar pelayanan profesi, standar prosedur operasional dan etika profesi serta kebutuhan kesehatan pasien.

Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS mengatakan, pembekalan melalui Medical Forum penting sebagai upskilling kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) IHC Group.

"Untuk menjadi suatu Holding RS yang kuat yang dapat disejajarkan dengan Holding RS besar di Indonesia bahkan International. Sesuai dengan Visi BUMN untuk Go Global dalam mengantar negara kita menuju Indonesia Emas 2045," jelas drg. Mira, dikutip dari keterangan resmi.

Standardisasi, transformasi, peningkatan revenue dan efisiensi menjadi tugas IHC pada tahun mendatang, selain meningkatkan kompetensi dan kapabilitas SDM dalam manajerial maupun layanan yang menjunjung tinggi mutu dan keselamatan pasien.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com