Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama dengan Mangrove Jakarta Community, OCBC Indonesia Tanam 5.000 Mangrove di 2 Lokasi

Kompas.com - 02/12/2023, 17:57 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - OCBC Indonesia bekerja sama dengan komunitas lingkungan Mangrove Jakarta Community dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi Jakarta, melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata di dua lokasi, yakni Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara, dan Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Kamis (30/11/2023).

Sebagai informasi, kegiatan tersebut dilakukan bertepatan dengan momentum Hari Menanam Pohon yang jatuh pada Selasa (28/11/2023).

Kegiatan penanaman tersebut juga merupakan bagian dari komitmen OCBC Indonesia terhadap pelestarian lingkungan dan sebagai upaya peduli terhadap dampak gas emisi.

Komitmen OCBC Indonesia dalam melestarikan lingkungan hidup juga telah dituangkan melalui beragam upaya mengurangi jejak karbon, di antaranya melakukan berbagai penghematan energi, kertas, pengelolaan limbah, serta penurunan keluaran emisi yang dihasilkan dari operasional bank.

Baca juga: Mangrove Dapat Memitigasi dan Adaptasi Dampak Buruk El Nino

Tak hanya itu, bank juga berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon melalui kebijakan pembiayaan yang menggunakan penilaian Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST), pemberian kredit hijau dan pemberian kredit bertemakan keberlanjutan.

”Kami percaya bahwa perbankan bukan hanya tentang produk dan layanan keuangan saja, melainkan juga tentang menciptakan masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri, pelanggan, orang-orang terdekat, termasuk komunitas di sekitar. Hal ini selaras dengan nilai-nilai yang ditanamkan dan dijalankan oleh bank untuk seluruh karyawan, demi membangun masa depan yang lebih baik,” ujar Head of Human Resources OCBC Indonesia Julie Anwar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Julie menambahkan, OCBC Indonesia juga secara konsiten melakukan kegiatan edukasi mengenai pelestarian lingkungan melalui program OCBC Sustainability Learning.

Bank juga mendukung implementasi langkah nyata peduli lingkungan dalam kegiatan sehari-hari karyawan lewat kampanye #DimulaiDariSaya.

Baca juga: Pemetaan Ekosistem Mangrove di Kota-kota Pesisir

”Ini dilakukan karena pembelajaran tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup bisa dimulai dari diri masing-masing,” tambah Julie.

Perlu diketahui, kegiatan menanam mangrove juga merupakan bagian dari employee engagement OCBC Indonesia yang bertajuk SPARTA (Sepeda, Lari, Tanam).

SPARTA merupakan salah satu program yang bertujuan membangkitkan semangat karyawan untuk hidup lebih sehat sambil berpartispasi dalam kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan.

Dalam program tersebut, karyawan didorong untuk berolahraga lari dan bersepeda. Adapun setiap mereka lari atau bersepeda dengan jarak tertentu, setara dengan mendonasikan pohon mangrove yang berperan dalam kelestarian lingkungan.

Founder Jakarta Mangrove Community, Paundra Hanutama mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi OCBC Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian mangrove di Jakarta.

Baca juga: Eksistensi Mangrove Sangat Penting Melawan Perubahan Iklim

”Kami harap, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk karyawan dan juga masyarakat umum agar terus mau ikut berusaha melestarikan lingkungan hidup sebagai bentuk tanggung jawab untuk anak cucu nanti,” paparnya.

Sebagai informasi, penanaman mangrove pertama dilakukan dengan jumlah 200 pohon di kawasan lingkungan Hutan Mangrove PIK, dan selanjutnya 4.800 pohon lainnya ditanam di Pulang Tidung, Kepulauan Seribu.

Adapun penanaman 5.000 mangrove jenis Rhizophora mucronata tersebut, diharapkan dapat berkontribusi mengurangi emisi karbon dan menciptakan ekosistem yang seimbang, menjadi tempat hidup bagi berbagai spesies laut, melindungi pantai dari abrasi, dan menyediakan sumber daya alam berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com