Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2023, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – KTT Iklim COP28 yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat (UEA) Arab mulai 30 November hingga 12 Desember diharapkan dapat memperkuat komitmen semua negara, termasuk Indonesia, untuk memangkas emisi gas rumah kaca (GRK) pada 2030.

Lembaga think tank Institute for Essential Services Reform (IESR) menyampaikan, dalam Global Stocktake, janji dan realisasi penurunan emisi masih jauh untuk mencapai target Paris Agreement.

Setelah COP28, semua negara perlu meninjau kembali target iklim nasionalnya atau Nationally Determined Contribution (NDC) serta membuat target mitigasi krisis iklim yang lebih ambisius.

Baca juga: Penghasil Emisi Harus Dipajaki Lebih Tinggi

Berdasarkan laporan diskusi Inventarisasi Global atau Global Stocktake UNFCCC tahun 2023, komitmen negara-negara di dunia yang tercantum pada NDC-nya tidak sejalan dengan Persetujuan Paris.

Hal ini akan menyulitkan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global sebesar 43 persen pada 2030 dari tingkat emisi 2010 dan 60 persen di 2035 dan nir emisi pada 2050.

Tidak hanya itu, dengan target NDC yang disampaikan dalam COP27, suhu bumi pada 2050 diperkirakan melampaui target Persetujuan Paris.

Direktur Eksekutif IESR Fabby Tumiwa menuturkan, Indonesia perlu menyampaikan target penurunan emisi yang lebih ambisius dan peningkatan resiliensi terhadap perubahan iklim dalam Second NDC (SNDC) yang rencananya akan disampaikan 2025.

Baca juga: Emisi dari Segelintir Konglomerat Dunia Setara 5 Miliar Orang

Agar selaras dengan target Perjanjian Paris yang mencegah suhu Bumi naik 1,5 derajat celsius, tingkat emisi pada 2030 harusnya tidak lebih dari 850 juta ton untuk seluruh sektor.

Sementara di sektor kelistrikan, transisi energi ditandai dengan target 44 persen bauran energi terbarukan di 2030.

“Meskipun target bauran energi terbarukan tersebut tercapai, belum dapat membuat emisi sektor kelistrikan mencapai level di bawah 200 juta ton karbon dioksida, sesuai dengan jalur 1,5 derajat celsius,” kata Fabby dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Emisi Gas Rumah Kaca Global Pecahkan Rekor, Karbon Dioksida Melonjak 50 Persen

Dia menyampaikan, selain penambahan energi terbarukan, masih diperlukan pemensiunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara antara 8 gigawatt (GW) sampai 9 GW sebelum 2030.

Pada 2025, Indonesia perlu meningkatkan ambisinya dalam Enhanced NDC yang saat ini hanya membidik target penurunan emisi sebesar 31,89 persen dengan upaya sendiri dan 43,2 persen dengan bantuan internasional pada 2030.

Target ini dibuat dengan membandingkan proyeksi business as usual (BAU) 2010.

Peningkatan target ambisi ini lebih tinggi dari target saat ini dan bertujuan agar Pemerintah Indonesia dapat tetap menetapkan target ambisi iklim yang lebih relevan untuk sejalan dengan target Persetujuan Paris agar pemanasan global tidak melebihi 1,5 derajat celsius.

Baca juga: Emisi GRK China Bakal Menurun Struktural Mulai 2024

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com