Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2023, 18:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lazada Indonesia dan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon menjalin kerja sama untuk memperkuat penjualan produk lokal fesyen binaan DKUKMPP Kota Cirebon (13/12/2023).

Pada kerja sama ini, Lazada mendaftarkan ratusan UKM fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk memiliki toko digital dan berjualan di Lazada.

Athina Tokan, Category Director Fashion, Lazada Indonesia, melalui rilis resmi (14/12/2023) menyampaikan, kerja sama ini menegaskan komitmen Lazada mendukung pertumbuhan ekonomi digital, serta memperluas kesempatan sama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Lazada selalu berkomitmen untuk mendukung penjual lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui peningkatan penjualan di Lazada," tegas Athina Tokan.

"Lewat kolaborasi ini kami juga bisa memberikan lebih banyak pilihan produk-produk asli Indonesia, terutama yang berasal dari Cirebon seperti batik dan kerajinan anyaman tas bagi konsumen," ujarnya.

"Kami berharap kehadiran UKM Cirebon di Lazada dapat memberdayakan para penjual lokal Indonesia, sehingga semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas," tutup Athina. 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman memberikan apresiasi atas langkah yang diambil Lazada.

“Kami melihat cukup banyak talenta-talenta pebisnis di Cirebon yang belum dikenal masyarakat luas," ungkap Iing Daiman.

"Bersama Lazada yang memberikan penawaran kepada UMKM Cirebon untuk dapat bergabung ke kanal Harbolnas, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM agar mendapatkan kemudahan akses untuk meningkatkan pemasaran produk mereka, sehingga para UMKM ini dapat memperluas jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ada dua pelatihan yang dilakukan Lazada dan DKUKMPP Kota Cirebon untuk mengakselerasi para penjual lokal secara digital, pada bulan November yang lalu yaitu:

Pertama, Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM dari wilayah Kota Cirebon: Lazada berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur dalam platform, hingga melihat peluang pasar bagi penjual di Cirebon yang sudah bergabung di Lazada.

Kedua, Mall UKM Cirebon Go Online: Pelatihan ini dihadiri ratusan UKM yang baru pertama kali berjualan secara online, sehingga pelatihan lebih berfokus kepada hal dasar seperti menyiapkan foto produk yang baik serta memilih keragaman produk, sehingga toko menjadi menarik bagi konsumen.

Baca juga: 10 Wisata Cirebon yang Hits buat Liburan Tahun Baru 2024 

Dalam kanal Harbolnas terdapat ratusan UMKM fesyen termasuk Cirebon. Kanal Harbolnas merupakan dedikasi Lazada kepada penjual lokal Indonesia dan banner kanal Harbolnas ini dapat diakses pada laman utama aplikasi Lazada untuk memudahkan konsumen mengeksplorasi produk dari penjual-penjual lokal asli Indonesia.

"Kami berharap kesempatan ini dapat menjadi momen bagi penjual lokal Indonesia untuk semakin mengembangkan bisnis mereka,” tutup Athina.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com