Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2023, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak di jasa kepelabuhanan yaitu PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) mendapatkan sertifikasi Ecoports.

Sertifikat dari ECOSLC yang berbasis di Eropa, ini diserahkan langsung oleh CEO ECOSLC Herman Journee kepada Direktur Utama KBS Anton Firdaus secara virtual.

Sebagai perusahaan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi dengan jasa logistik dengan konsep Smart Port dan Green Port serta operator dari Pelabuhan Krakatau International Port di Cilegon Banten, KBS berkomitmen untuk terus meningkatkan dan menyempurnakan sistem pengelolaan pelabuhan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Ecoports juga sejalan dengan Program Kementerian Perhubungan RI dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan di Indonesia.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 689 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Pelabuhan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Ecoport).

Baca juga: Jalan Mulus Aspal Plastik, Solusi Berkelanjutan untuk Indonesia Asri

Anton mengatakan, sertifikasi Ecoports ini juga sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) Kementerian BUMN RI.

“KBS terus melakukan inovasi khususnya dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan, hal ini tentunya memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi seluruh stakeholders” kata Anton.

Pada tahun 2023, KBS telah melakukan sejumlah inovasi guna meningkatkan pelestarian lingkungan. Di antaranya pembuatan Auxiliary Chute untuk mengurangi kemungkinan adanya spillage, penyediaan kendaraan listrik dan SPKLU, serta menyediakan peralatan penanganan tumpahan minyak.

Selain itu, KBS merealisasikan program Sekolah Adiwiyata di lingkungan sekitar yang merupakan program turunan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan berorientasi pada pendidikan serta lingkungan berkelanjutan melalui pendekatan pendidikan karakter yang berwawasan lingkungan.

Sebelumnya pada tahun 2022, KBS mendapatkan nilai rating 81,12 persen dalam assessment Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi dan mendapatkan Anugerah Green Award 2022

KBS dinilai telah memenuhi kriteria green port dalam aspek manajemen, digitalisasi, dan teknis (kepelabuhanan, K3, lingkungan, dan energi).

CEO ECOSLC Herman Journee menyampakan selamat kepada KBS atas pencapaian Sertifikasi Ecoports Pers setelah divalidasi oleh auditor independen LRQA Netherlands.

“Ecoports Pers adalah satu-satunya standar manajemen lingkungan dan berkelanjutan yang sepenuhnya disesuaikan dengan peran dan tanggung jawab khusus pelabuhan” kata Herman.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com