Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Mahasiswa Daftar Jadi Gojek Campus Ambassador

Kompas.com - 09/01/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Gojek Campus Ambassador 2023 yang digagas Gojek, unit bisnis on-demand service PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk tuntas dihelat.

Program yang dimulai sejak awal September dan mendapat 72.000 pendaftar ditutup dengan penentuan dua pemenang tingkat nasional dan 44 pemenang tingkat kota dari seluruh Indonesia.

Sebanyak 478 Gojek Campus Ambassador yang terpilih berhasil mengenalkan pemanfaatan teknologi Gojek untuk memudahkan kehidupan sehari-hari kepada ratusan ribu pengguna baru serta pelanggan dalam waktu tiga bulan saja.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menunjukkan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang.

Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun.

Baca juga: Gojek Gandeng Gramedia Academy Luluskan Ribuan Anak Mitra Driver

Head of Regions Gojek Gede Manggala mengatakan, anak muda tumbuh dan berkembang dengan dikelilingi teknologi.

Namun, belum banyak yang memanfaatkan teknologi digital dengan optimal untuk memudahkan aktivitas keseharian mereka.

"Padahal, pengetahuan dan penguasaan atas solusi-solusi berbasis teknologi digital menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh talenta-talenta masa depan," ujarnya, dalam rilis pers, Senin (8/1/2024).

Gede menambahkan, melalui program Gojek Campus Ambassador, perusahaan tidak sekadar mengenalkan pemanfaatan teknologi untuk memudahkan keseharian anak muda, namun juga membekali dengan berbagai pelatihan soft skill dan hard skill agar bisa kompetitif di tengah persaingan yang ketat untuk membangun karir  masa depan.

Harapannya, mereka bukan hanya menjadi konsumen teknologi, namun sebaiknya juga mampu memanfaatkan teknologi untuk menjadi solusi agar lebih produktif.”

Selain mendapatkan uang saku dan ditraktir berbagai layanan Gojek, seluruh Gojek Campus Ambassador yang telah terpilih mendapatkan berbagai pelatihan, mulai dari Critical Thinking and Problem Solving oleh perwakilan tim Gojek, Personal Branding for Career Preparation oleh Profesional HR dan kreator konten Vina Muliana.

Juga diberikan pelatihan Exclusive Sharing Session bersama Jerome Polin untuk mengetahui rahasia di balik kesuksesan Jerome untuk menjadi figur publik yang berprestasi dalam akademis, bisnis, dan media sosial.

Pemenang Nasional Gojek Campus Ambassador asal Medan Mahriza Haq mengatakan, manfaat paling berharga  adalah bisa membangun jaringan nasional dari seluruh kampus se-kota Medan dan se-Indonesia, serta belajar langsung dari perusahaan teknologi kelas dunia seperti Gojek.

"Saya juga senang bisa mewakili Kota Medan, bisa mewakili kampus saya yaitu Politeknik Ganesha Medan dan berbagi ilmu dengan teman-teman di kampus, dan tak lupa pula berbagi pengalaman di dunia media sosial yang saya miliki," cetusnya.

Dua pemenang nasional berhak mendapatkan tabungan pendidikan sebesar total Rp 40 juta, sementara tiga pemenang dari masing-masing kota mendapatkan tabungan pendidikan sebesar Rp 2 juta.

Seluruh pemenang Gojek Campus Ambassador saat ini tengah bersiap untuk belajar langsung dari tim Gojek melalui program magang pada 2024.

Selain itu, 478 alumni Gojek Campus Ambassador berkesempatan ikut serta dalam berbagai program Gojek yang akan diselenggarakan pada 2024. 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com