Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Percepatan Transisi Energi Baru dan Terbarukan, Garudafood Bangun PLTS Atap di Sumedang

Kompas.com - 18/01/2024, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrik Garudafood Sumedang, Jawa Barat pada 18 Januari 2024.

PLTS Atap berkapasitas 810-kilowatt peak (kWp) ini merupakan salah satu upaya Garudafood melakukan dekarbonisasi emisi hingga 1000-ton karbondioksida (CO2) setiap tahun atau setara dengan penanaman 114.000 pohon dalam satu tahun.

Langkah ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap program Pemerintah mempercepat target transisi dan bauran energi dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) serta sebagai salah satu solusi untuk mengurangi masalah perubahan iklim dan pemanasan global.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur Garudafood, Hardianto Atmadja mengatakan, panel PLTS Atap di Garudafood Sumedang ini mampu memproduksi lebih dari 1.200-megawatt hour (MWh) yang seluruhnya digunakan untuk kegiatan utama dan penunjang proses produksi.

“Di tengah dinamika bisnis yang terus berkembang, kami berkomitmen untuk menerapkan praktik keberlanjutan yang terintegrasi dalam kegiatan operasional perusahaan," ungkap Hardianto Atmadja dikutip dari rilis resmi (18/1/2024).

Lebih jauh ia menjelaskan, pihaknya berupaya mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan negatif lain yang dihasilkan sumber energi konvensional dengan mengadopsi teknologi dan inovasi ramah lingkungan.

Hardianto Atmadja juga mengungkapkan Garudafood mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengelola limbah produksi hingga menerapkan praktik sirkular ekonomi.

"Tidak hanya itu, kami juga berkomitmen untuk mendukung masyarakat di sekitar wilayah operasional kami dengan memberikan kontribusi positif melalui program-program sosial dan kemitraan yang berkelanjutan.” ujar Hardianto Atmadja.

Peresmian PLTS Atap ditandai penekanan layar videotron oleh Hardianto Atmadja Presiden Direktur Garudafood didampingi jajaran Direksi Garudafood Fransiskus Johny Soegiarto dan Basuki Nur Rohman, Telly Steven Saidito Business Unit Head Garudafood Sumedang.

Selain itu turut mendampingi, Audwin Purwadi Direktur Utama PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna) selaku perusahaan pengembang PLTS.

Baca juga: Pemerintah Akan Terus Kembangkan Energi Baru Masa Depan

“Kami merasa bangga atas sinergi yang terjalin dengan Garudafood dalam instalasi PLTS Atap ini. Bagi kami, kemitraan ini menjadi sebuah langkah menuju visi bersama demi menciptakan lingkungan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," ujar Audwin Purwadi.

"Kami meyakini bahwa teknologi PLTS akan membawa manfaat signifikan dalam pengelolaan energi dan efisiensi operasional,” pungkas Audwin Purwadi.

Gaya hidup berkelanjutan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com