Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti HCC: Rakyat Harus Tagih Semua Janji Kesehatan Capres-Cawapres

Kompas.com - 10/02/2024, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Janji kampanye bidang kesehatan dari ketiga pasang calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 ini sangat berdampak bagi potensi peningkatan status kesehatan bangsa.

Itu sebabnya Peneliti Health Collaborative Center (HCC) Ray Wagiu Basrowi menegaskan rakyat Indonesia harus menagih semua janji politik bidang kesehatan dari semua paslon bisa diwujudkan oleh siapapun pemenang pemilu nantinya.

Menurut Ray, semua janji kampanye kesehatan para paslon merupakan hak mendasar rakyat yang sudah sepatutnya dipenuhi negara.

Baca juga: Kemenkes dan WHO Berkongsi dalam 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Memberikan daycare, susu dan makan siang gratis serta menyiapkan satu fasilitas kesehatan di tiap desa seluruh Indonesia adalah hak kesehatan yang diamanatkan konstitusi negara.

"Memang ini bukan semata janji kampanye, tetapi janji memenuhi hak kesehatan rakyat Indonesia, jadi rakyat mesti ngarep semua janji paslon bisa diwujudkan oleh siapapun presiden yang terpilih” ungkap pengajar di Kedokteran Kerja FKUI ini, Jumat (9/2/2024).

Diungkapkan Ray, rakyat harus punya keberanian untuk memanfaatkan momentum pemilu tahun ini dengan menyuarakan bahwa apapun janji kampanye.

Peneliti Health Collaborative Center (HCC) Ray Wagiu BasrowiHCC Peneliti Health Collaborative Center (HCC) Ray Wagiu Basrowi
Terutama di bidang kesehatan, dari para paslon, adalah kewajiban negara yang mestinya sudah harus dipenuhi, karena memang tugas negara.

Sangat penting untuk menggerakkan kesadaran masyarakat bahwa memang setelah 78 tahun Indonesia merdeka negara belum secara mandiri memenuhi hak kesehatna seperti intervensi gizi dan akses fasilitas dan tenaga kesehatan secara luas, adil dan merata.

Ray menegaskan, rakyat harus mengingatkan negara melalui para paslon untuk selalu memastikan komitmen pembangunan nasional adalah komitemen membangun rakyat yang sehat juga.

Baca juga: Aplikasi Layanan Kesehatan untuk Orang HIV/AIDS Diluncurkan

Dan menyediakan daycare gratis, susu dan makan siang gratis bagi anak sekolah, serta program satu desa satu faskes dan nakes, adalah janji politik yang harus dipenuhi negara lewat para pemimpinnya. Dan rakyat harus selalu mengingatkan pemenuhan hak mereka,” tegas Ray.

Dalam debat paslon utaran terakhir, ketiga capres menegaskan kembali komitmen mereka untuk memastikan kesehatan nasional dipenuhi lewat berbagai program unggulan.

Capres-cawapres Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan melakukan penyediaan daycare gratis, Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan program susu dan makan siang gratis yang sangat kontroversial, serta program satu desa satu faskes dan nakes dari Capres-Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com