Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantunan Perjuangan Melawan 396.914 Kasus Kanker

Kompas.com - 06/03/2024, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangn kanker, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia menggelar konser bertajuk “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker”.

Konser ini digelar dengan tujuan mendorong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker.

Hal ini mengingat jumlah kasus baru kanker yang tinggi di Indonesia, mencapai 396.914 kasus dan sebanyak 234.511 kematian.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan, YKI sangat mengapresiasi Pinkan Indonesia atas inisiatifnya melaksanakan pergelaran musik kolintang yang dipadukan dengan musik modern, sambil mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kanker.

Baca juga: Kesadaran Minim Jadi Salah Satu Penyebab Tingginya Kematian akibat Kanker

Tingginya kejadian kanker perlu disikapi secara serius di Indonesia, melalui peningkatan pengetahuan tentang faktor risiko dan pencegahan beragam kanker, dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker.

"Kemudian juga partisipasi sosial dalam menyikapi kanker, para pejuang dan penyintas kanker untuk penanganan terbaik dan meminimalisasi kesenjangan dalam perawatan kanker, melalui beragam cara termasuk musik,” ujar Aru Sudoyo.

Ketua Pinkan Indonesia Penny Marsetio mengatakan, Pinkan merasa terpanggil untuk ikut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker.

"Kami mempersembahkan konser ‘Lantunan Perjuangan Melawan Kanker’ yang menghadirkan kolaborasi kolintang dan alat musik modern, untuk membantu YKI agar terus dapat melanjutkan misinya meningkatkan masyarakat peduli kanker,” tutur Penny.

Baca juga: Sama Berbahayanya, Vape dan Rokok Picu Kanker Paru

Konser “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” dihadiri oleh lebih dari 300 tokoh masyarakat, pegiat kesehatan dan pemerhati kanker, serta penyintas kanker.

“Saya berharap bahwa lebih banyak komunitas masyarakat yang peduli terhadap kanker, sebagaimana para musisi dan insan kolintang,” tambah Aru Sudoyo.

Konser “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” mempersembahkan musisi Dwiki Dharmawan, dan penyanyi dan artis-artis kondang lawas Erni Djohan, Heppy Pretty, Ari Soemarsono, Rita Nasution, Kolonel Marlon, Senior Master Kolintang, Junior Master Kolintang dan Ita Purnamasari.

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com