Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Indonesia Emas 2045, BCA Synrgy Academy Batch 7 Hadirkan 250 Talenta Digital

Kompas.com - 26/03/2024, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan platform edutech Binar menggelar Synrgy Academy batch ke-7, 15 Januari hingga 16 Februari 2024.

Ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) berupa beasiswa bootcamp digital, yang diluncurkan sejak 2020.

Setelah melalui rangkaian proses seleksi yang cukup ketat, terdapat 250 peserta dari ribuan pendaftar yang lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Ratusan peserta terpilih akan mengikuti program bootcamp bidang IT dengan kelas yang beragam sesuai minat masing-masing.

Baca juga: Dukung Perempuan dalam Perekonomian, Presdir BCA Beri Literasi Keuangan 42 Finalis Puteri Indonesia

Antara lain Full Stack Web (Javascript), UI/UX Design & Product Management, Back End Engineering (Java), Android Engineering (Kotlin) dan Quality Assurance.

Program ini didedikasikan untuk membantu para talenta digital terpilih agar dapat mencapai karier impiannya melalui metode belajar project based learning.

Dengan metode tersebut, pembelajar diharapkan dapat lebih mudah mengaplikasikan ilmu yang didapat di masa depan.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, melalui program ini, BCA turut memberikan dampakberkelanjutan bagi peserta yang terlibat dan untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia secara umum.

"Kami berharap program ini dapat menambah jumlah talenta digital Indonesia yang kompeten dan sesuai kebutuhan industri, sehingga berdampak positif bagi Indonesia Emas pada tahun 2045," ujar Hera.

CEO Binar Alamanda Shantika menambahkan, kerja sama ini merupakan bentuk dedikasi dan komitmen perusahaan dalam mengembangkan talenta digital Indonesia semaksimal mungkin.

Bootcamp yang diikuti ratusan peserta telah dirancang untuk menciptakan talent ready berkarakter dan dapat bersaing di era digital dengan skill sesuai kebutuhan industri.

Baca juga: BCA Perkuat Pariwisata Berkelanjutan lewat Desa Bakti BCA

"Selain itu, setiap peserta yang lolos dan menyelesaikan dengan baik program ini mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Grup BCA serta dibantu mendapatkan pekerjaan sebagai alumni bootcamp,' jelas Alamanda.

Pada BCA Synrgy Academy batch ke-6 lalu, tercatat ada lebih dari 4.000 orang yang mendaftar.

Dari jumlah tersebut, seleksi ketat dilakukan dan hasilnya ada 231 peserta terpilih mengikuti bootcamp.

Peserta wajib mengikuti kelas intensif sejak Agustus 2023 hingga Februari 2024. Setelah menjalani pelatihan yang cukup panjang, 124 peserta menyelesaikan programnya.

Selama mengikuti batch 7, para peserta diharapkan mendapatkan pengetahuan yang maksimal sehingga dapat bermanfaat dalam karier mereka di masa depan.

Baca juga: Siap Jadi Talenta Digital, 231 Peserta Ikut BCA SYNRGY Academy Batch 6

Para peserta juga akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain pembelajaran langsung dengan fasilitator/mentor yang ahli di bidang pengembangan produk digital; skill  sesuai kebutuhan industri.

Kemudian model pembelajaran experiential learning; kurikulum terintegrasi; kelas intensif selama 6 bulan; dan berkesempatan bisa meningkatkan skill non-teknis melalui sesi workshop gratis.

Sejak 2020, program ini telah meluluskan lebih dari 400 peserta dan sebagian di antaranya telah bekerja di BCA. 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com