Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Bappeda, Aeon Mall BSD Gelar Gerakan Peduli Lingkungan dan Donasi Ramadan

Kompas.com - 01/04/2024, 16:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Aeon Mall BSD City menyelenggarakan kegiatan bertajuk "The Clarity of Raya" dalam rangka perayaan Ramadan sekaligus menunjukkan komitmen terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) melalui edukasi tentang lingkungan.

Kegiatan "The Clarity of Raya" berlangsung pada 12 Maret hingga 21 April 2024.

General Manager Mall Operation Aeon Mall BSD City, Oliananto Rifandi Suharso (1/4/2024), menjelaskan, kegiatan ini terinspirasi dari momentum Ramadan dan Earth Day yang jatuh di bulan Maret dan April.

"Bulan Ramadan tahun ini jatuh di bulan Maret dan pada bulan April nanti akan ada Earth Day, berangkat dari dua momentum penting ini, kami bersama Bappeda menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama dan menginisiasi gerakan mengurangi penggunaan plastik di lingkungan pondok pesantren," jelasnya lagi.

"Untuk mendukung kampanye ini, kami membagikan goodie bag yang berisi kotak makan serta botol minum. Ketiga barang tersebut, kami berikan dengan harapan bisa digunakan berulang kali oleh para santri," lanjut Oliananto.

Dia menambahkan, "kami ingin menginisiasi gerakan mengurangi penggunaan plastik di lingkungan pondok pesantren dengan membagikan goodie bag berisi kotak makan dan botol minum, yang diharapkan dapat digunakan berulang kali oleh para santri," ujar jelasnya.

Menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang ini. kegiatan edukasi dan buka puasa bersama ini dihadiri 80 santri, pengurus pesantren, perwakilan dari Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta tamu undangan. 

Kegiatan digelar pada 27 Maret 2024 dengan melibatkan manajemen Aeon Mall BSD City dan perwakilan Bappeda dengan melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Ikhlas yang berlokasi di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Cisoka, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, MUI Kecamatan Cisoka, Puskesmas Ciskoa, dan perangkat desa Cisoka.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan sesi edukasi oleh pihak Forum PKP yang dinaungi Bappeda dan dilanjutkan sesi buka puasa bersama, serta pemberian donasi berupa kotak makan dan botol minum.

Baca juga: Gelar Safari Ramadan, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako di Jateng dan Sulsel,

"Agar campaign ini tetap terjaga, kami akan tetap memantau dalam beberapa bulan ke depan dan melakukan kunjungan lagi," tegas Oliananto.

"Kami berharap, semoga kunjungan, edukasi serta donasi yang diberikan hari ini bisa menjadi gerakan yang berkelanjutan untuk dapat diterapkan di Pondok Pesantren Al Ikhlas sehingga kebersihan lingkungan terjaga dan pemakaian kemasan plastik bisa berkurang," tutupnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com