Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Misi PBB Menjaga Perdamaian Global, Redpel ATN Dapat Apresiasi dari UNPKFC

Kompas.com - 03/05/2024, 09:11 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - United Peace Keepers Federal Council (UNPKFC) menganugerahkan penghargaan bergengsi kepada Redaktur Pelaksana American Television News (ATN) Ahmed Fathi dalam acara khusus yang digelar di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

Penghargaan tersebut diberikan UNPKFC lantaran Fathi dinilai konsisten mendukung misi UNPKFC dalam menjalankan misi perdamaian, kemanusiaan, dan pendidikan.

Adapun gelaran tersebut diresmikan Presiden Global UNPKFC Dr Aphinita Chaichana serta Direktur UNPKFC Amerika Luis Suarez.

Sebagai informasi, UNPKFC adalah organisasi yang berada di bawah naungan Organisasi Pendidikan, Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Organisasi tersebut didirikan Chaichana bersama dengan mantan Ketua UNAMID Gen Dr Sultan Azam Temuri, dan Lt Gen Dr Rantastia Nur Alangan—President of Soldiers of Peace International Association (SPIA) Indonesia sekaligus International Military War/Law of War (ISMLLW).

Baca juga: Sekjen PBB: Perut Kosong Memicu Kerusuhan, Pengaruhi Perdamaian Global

Pada kesempatan tersebut, Chaichana menekankan peran penting Fathi dalam memajukan UNPKFC mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Ia menyoroti dampak besar yang ebrhasil Fathi torehkan dalam upaya perdamaian dan stabilitas global.

Dedikasi Fathi dalam mendukung upaya kolaboratif organisasi global tersebut bersama dengan misi penjaga perdamaian dan pembangunan perdamaian PBB di seluruh dunia dinilai patut dicontoh.

Pada kesempatan tersebut, Fathi mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

“Apresiasi tersebut sekaligus menegaskan komitmen saya untuk konsisten mendukung upaya mulia UNPKFC dalam menjaga perdamaian,” kata Fathi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: Indeks Perdamaian Global: Indonesia Jauh Lebih Baik Dibanding AS

Pada kesempatan sama, Rantastia mengatakan, keterlibatan organisasi perdamaian diperlukan untuk mendukung implementasi misi PBB.

"Salah satunya adalah dalam mewujudkan poin ke-17 tujuan Sustainable Development Goald (SDG’s), yakni revitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan. Peran UNPKFC sangat diharapkan dalam misi perdamaian dan kemanusiaan dalam skala dunia, " kata Lt Gen Dr Rantastia Nur Alangan.

Adapun UNPKFC sebelumnya juga mendapat pujian serta dukungan dari Menteri Pertahanan RI periode 2019-2024 Prabowo Subianto pada 2023.

Pujian tersebut diberikan lantaran organisasi global itu telah mengapresiasi perwira TNI yang sudah berhasil mengimplementasikan perdamaan dan aksi kemanusiaan. 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com